by

Jadwal Final EURO 2020 Italia Vs Inggris

Turnamen EURO 2020 akan memasuki babak pamungkas. Dua tim terbaik akan saling berhadapan di partai final yang digelar di Stadion Wembley, London pada Senin, 12 Juli 2021 dini hari WIB. Kedua tim yang akan bertarung memperebutkan mahkota juara adalah Inggris dan Italia.

Italia lolos ke final setelah menyingkirkan Spanyol melalui drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 hingga extra time. Dalam drama adu tos-tosan Gli Azzurri menang dengan skor 4-2.
Pelatih Italia, Roberto Mancini mengatakan perjuangan timnya belum berakhir. Mereka akan menghadapi partai puncak untuk menuntaskan perjuangan mereka.

“Ketika Anda main di Piala Eropa atau Piala Dunia, memang selalu intens. Anda harus menderita dulu sebelum menang,” beber Mancini.

Lebih lanjut mantan pelatih Manchester City itu menegaskan perjalanan mereka untuk meraih gelar tidak selalu mulus.

“Tidak bisa selamanya mulus seperti juga perkembangan tim ini,” sambungnya.

Ia menyadari mereka tengah berjuang melewati masa-masa krisis dalam tiga tahun terakhir. Baginya setiap pemain yang ikut berjuang di saat-saat sulit ini pantas mendapat kredit.

“Kami tahu bahwa ini akan jadi salah satu masa tersulit. Itulah mengapa saya pikir para pemain serta semua yang bekerja bersama selama tiga tahun terakhir, pantas mendapatkan kredit karena memang tidak mudah.”

Mancini sedikit merendah mengatakan sepak terjang mereka sejauh ini di luar dugaan banyak orang. Untuk itu dengan pencapaian ini ia menganggap mereka sudah bisa membanggakan rakyat Italia.

“Tidak ada satu pun yang percaya kami bisa melakukannya dan bahkan ketika kami sudah ke final. Jadi kami sudah bisa memuaskan warga Italia di manapun,” pungkasnya.

Sementara itu Inggris ke final setelah mencatatkan kemenangan dramatis atas Denmark pada Kamis, 8 Juli 2021 dini hari WIB. Inggris menang dengan skor 2-1. Gol penentu The Three Lions baru tercipta di babak perpanjangan waktu melalui sepakan penalti Harry Kane.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate menilai timnya layak ke partai final. Ia menganggap para pemain Inggris sudah berjuang maksimal dan pantas mendapat hasil tersebut.

“Kami harus menikmati fakta bahwa kami berada di final tetapi ada satu lagi rintangan besar yang harus ditaklukkan. Italia adalah tim yang sangat bagus dalam beberapa tahun terakhir. Mereka dalam performa luar biasa dan memiliki pertahanan yang bagus,” beber Southgate.

“Para pemain telah melalui segalanya. Ini adalah pertandingan yang hebat untuk dinanti-nantikan.”

Selanjutnya Southgate bertekad untuk mengantar Inggris hingga mencapai klimaks. Satu pertandingan lagi untuk mengakhiri penantian gelar dari turnamen mayor selama lebih dari setengah abad.

“Final inin hadir untuk dimenangkan. Kami akan berkumpul kembali dan mempersiapkan diri dengan baik. Kami perlu memulihkan diri malam ini secara fisik dan mental. Italia juga mengalami itu – meskipun mereka memiliki satu hari ekstra untuk memulihkan diri,” tegasnya.

Berikut jadwal final EURO 2020:
Italia versus Inggris
Wembley Stadium, London
Minggu 11 Juli waktu setempat atau Senin 12 Juli pukul 02:00 dini hari WIB

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *