by

Singkirkan Republik Ceko, Denmark ke Semi Final EURO 2020

Langkah tim nasional Denmark di EURO 2020 belum juga terhenti. Tim Dinamit sukses melenggang ke babak semi final setelah menyingkirkan timnas Republik Ceko di babak perempat final. Bertarung di Olympic Stadium, Baku, Sabtu, 3 Juli 2021 dini hari WIB, Denmark menang dengan skor 2-1.

Sepasang gol Denmark dicetak oleh Thomas Delaney di menit kelima dan Kasper Dolberg di menit ke-42. Sementara itu satus-satunya gol Republik Ceko dilesatkan oleh Patrik Schick di menit ke-49.

Schick kini sudah mengemas total lima gol sepanjang turnamen. Jumlah gol tersebut sama banyak dengan Cristiano Ronaldo di puncak daftar pencetak gol terbanyak sementara. Sayangnya peluang kedua pemain itu menambah pundi gol sudah tertutup.

Bagi Denmark kemenangan ini mengantar mereka ke empat besar. Hasil ini mengulangi pencapaian yang terakhir kali diukir pada 1992 silam. Saat itu mereka sukses menjadi jawara. Namun kali ini untuk bisa mengulangi catatan tersebut mereka masih harus melewati dua pertandingan.

Langkah pertama yang akan ditempuh adalah melewati hadangan Inggris. The Three Lions lolos ke semi final setelah mencatatkan kemenangan telak empat gol tanpa balas atas Ukraina. Pemenang di laga ini akan bertarung dengan pemenang antara Italia kontra Spanyol di partai pamungkas.

Pelatih Denmark, Kasper Hjulmand mengatakan kemenangan tersebut tidak lepas dari penampilan meyakinkan sang kiper Kasper Schmeichel.

“Kemenangan ini tidak cantik, tetapi kami berjuang dan punya kiper fantastis. Energi kami nyaris habis, namun mencapai semifinal Piala Eropa adalah hal besar,” beber Hjulmand.

Lebih lanjut ia mengatakan dirinya sudah tak sabar untuk menghadapi pertandingan semi final yang akan digelar di Stadion Wembley, London. Ia pernah menaruh harapan untuk bisa tampil di sana. Dan kini harapan tersebut menjadi kenyataan.

“Sungguh magis. Hal pertama yang saya tunjukkan kepada pemain saat pertama berjumpa adalah foto di Wembley pada tahun lalu. Saya berkata jika kami semua akan kembali ke sana. Saya merasa seperti kami bermain di Denmark, berkat dukungan yang kami dapatkan. Kami sangat berterima kasih,” tegasnya.

Sementara itu kubu Republik Ceko merasa kecewa. Sang pelatih, Jaroslav Silhavy mengatakan para pemain Republik Ceko begitu terpukul sampai-samai menitikan air mata.

“Kami bersyukur kepada semua pemain, atas performa yang telah mereka tampilkan selama turnamen. Mereka kecewa, saya sampai melihat air mata dari mereka,” beber Silhavy.

Susunan Pemain Republik Ceko versus Denmark:
Republik Ceko (4-2-3-1): Vaclik; Boril, Kalas (kuning 86), Celustka (Brabec 65), Coufal; Soucek, Holes (Jankto 46); Sevcik (Darida 80), Barak, Masopust (Krmencik 46 – kuning 84); Schick (Vydra 79).
Pelatih: Jaroslav Silhavy.

Denmark (3-4-2-1): Schmeichel; Vestergaard, Kjaer, Christensen (Andersen 81); Maehle, Delaney (Jensen 81), Hojbjerg, Larsen (Wass 71); Braithwaite, Damsgaard (Norgaard 60); Dolberg (Poulsen 59).
Pelatih: Kasper Hjulmand.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *