by

Sikat Watford, Liverpool Sempat Merasakan Puncak Klasemen Liga Inggris

Liverpool berhasil memetik kemenangan di pekan ke-31 Liga Primer Inggris. Bermain di kandang sendiri di Stadion Anfield pada Sabtu, 2 Maret 2022 malam WIB, The Reds menang dua gol tanpa balas atas tamunya Watford,

Sepasang gol tuan rumah dicetak oleh Diogo Jota di babak pertama dan sepakan penalti Fabinho di paruh kedua.

Kemenangan ini memberi Liverpool poin sempurna. Tambahan tiga angka membuat koleksi poin Liverpool bertambah menjadi 72 dari 30 pertandingan. Liverpool sempat menggusur Manchester City di puncak klasemen dengan keunggulan dua poin.

Bermain di kandang sendiri membuat Liverpool sangat percaya diri. Bermula dari skema serangan balik cepat, Joe Gomez melepaskan umpan silang akurat yang disambut Jota dengan tandukan mematikan.

Liverpool beberapa kali mendapat ancaman dari Watford. Penampilan cemerlang Alisson Becker di bawah mistar gawang membuat tuan rumah mampu menjaga “clean sheet” hingga laga usai.

Sebelum itu, Fabinho mencetak gol kedua dari titik penalti. Tuan rumah mendapat hadiah penalti setelah Diogo Jota dilanggar pemain tim tamu di kotak terlarang.

Walau menang, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menilai timnya seharusnya bisa bermain lebih kreatif dan mencetak lebih banyak gol.

“Persis seperti itu. Semua orang menginginkan analisis pertandingannya, saya tidak akan memberikannya. Saya tidak tertarik karena kami harus memenangi laga ini.”

Manajer asal Jerman itu tak lupa angkat topi pada Watford. Ia juga mengapresiasi sang pelatih, Roy Hodgson yang masih bersemangat walau sudah berusia kepala delapan.

“Pujian untuk Watford terutama Roy [Hodgson], yang meski sudah berusia 80 tahun mampu mengatur sebuah tim dengan cara yang sangat baik. Mereka menjaga ruang dengan sangat baik dan kami tentunya bisa lebih baik, tapi sekarang itu tidak terlalu menarik. Kami tadi perlu kematangan dan hasrat.”

Klopp memuji serangan balik yang dilancarkan timnya. Menurutnya, proses gol tersebut sudah lama tak diperlihatkan The Reds.

“Counter-press tadi adalah yang terbaik yang pernah saya lihat dalam waktu yang lama, tapi dengan bola kami mestinya bisa sedikit lebih kreatif untuk lebih banyak menerobos garis pertahanan lawan.”

Eks juru taktik Borussi Dortmund itu tak lupa menyinggung Alisson. Ia tak menafikan peran kiper timnas Brasil itu.

“Kami sudah mencetak dua gol, mengendalikan permainan di sisi lainnya dan membutuhkan Alisson sekali, dan ya itu saja,” pungkasnya.

Susunan Pemain Liverpool versus Watford:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Robertson, Van Dijk, Matip, Gomez; Alcantara (Milner 90′), Henderson, Jones (Fabinho 69′); Jota, Firmino, Salah (Mane 69′)

Pelatih: Jurgen Klopp

Watford (4-1-4-1): Foster; Kamara, Samir, Kabasele, Kiko; Louza (Cleverley 78′); Hernandez (Dennis 78′), Kucka, Sissoko, Sarr; Pedro (King 78′)

Pelatih: Roy Hodgson

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *