by

Seluruh Tim Liga Inggris Akhirnya Mundur dari Liga Super Eropa

Polemik terkait Liga Super Eropa yang memanas belakangan ini menuai beragam komentar. Tidak hanya itu berkembang gelombang penolakan terhadap proyek itu.

Sejumlah tim Liga Primer Inggris yang sebelumnya menyatakan kesediaan untuk bergabung akhirnya mengambil langkah sebaliknya. Manchester City, Manchester United, Liverpool, Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Chelsea pun memilih balik kanan.

Penarikan diri itu berjalan hampir bersamaan. Dimulai dari Manchester City yang mengabarkan di situs resmi mereka.

“Manchester City Football Club dapat mengonfirmasi bahwa mereka telah secara resmi memberlakukan prosedur untuk mundur dari grup yang mengembangkan rencana European Super League,” ungkap pernyataan resmi The Citizen.

Arsenal yang mengikuti langkah tim-tim Liga Inggris lainnya menulis panjang lebar di situs resmi. Pihak klub menyatakan permintaan maaf kepada para penggemar.

“Beberapa hari belakangan lagi-lagi telah menunjukkan dalamnya perasaan yang dimiliki suporter kami di seluruh dunia terhadap klub hebat ini dan permainan yang kita cintai,” buka Arsenal.

“Kami tak pernah berniat menyebabkan kesulitan seperti ini. Namun, ketika undangan untuk gabung Super League datang, sementara tahu tidak ada jaminan, kami tidak mau ketinggalan untuk memastikan kami melindungi Arsenal dan masa depannya.”

Arsenal menyatakan terbuka mendengar berbagai respon tidak hanya dari para penggemar tetapi juga komunitas sepak bola yang lebih luas dalam beberapa hari terkahir. Akhirnya, mereka mengambil keputusan untuk berada bersama para penggemar itu.

“Hasil dari mendengarkan kalian dan komunitas sepakbola yang lebih luas selama beberapa hari terakhir, kami mundur dari Super League yang tengah diusulkan. Kami membuat kesalahan dan kami minta maaf.”

Sikap klub semula tentu meninggalkan perasaan tertentu di hati para penggemar. Tim London tersebut menyadari butuh waktu untuk mendapatkan kembali kepercayaan penuh dari para penggemar yang telah tersakiti.

“Kami tahu akan butuh waktu untuk mengembalikan kepercayaan kalian pada apa yang sedang kami coba raih di sini di Arsenal, tapi biar kami jelaskan bahwa keputusan untuk jadi bagian dari Super League didorong oleh keinginan untuk melindungi Arsenal, klub yang kalian cintai, dan untuk mendukung permainan yang kalian cintai lewat solidaritas yang lebih besar dan stabilitas finansial.”

Arsenal menyadari mereka sempat mengambil keputusan keliru. Akhirnya, keputusan itu mereka anulir setelah mendengar berbagai masukan.

Mundurnya tim-tim Liga Inggris membuat kelompok pendukung Liga Super Eropa berkurang. Kini tersisa para inisiator seperti Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Inter Milan, AC Milan, dan Juventus.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *