by

Portugal Diimbangi Republik Irlandia, Pepe Kartu Merah

Tim nasional Portugal hanya mampu meraih hasil imbang dalam pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa saat melawat ke Aviva Stadium, Jumat, 12 November 2021 dini hari WIB.

Menghadapi sesama kontestan Grup A, Selecao Eropa itu diimbangi tuan rumah Republik Irlandia. Kedua tim mengakhiri pertandingan dengan skor kaca mata.

Portugal sebenarnya tampil dominan. Pelatih Fernando Santos menurunkan segenap kekuatan terbaik. Rui Patricio di bawah mistar gawang, ditopang oleh Nelson Semedo, Pepe, Danilo Pereira, dan Diogo Dalot. Joao Palhinha, Matheus  dan  Bruno Fernandes di lini tengah.

Sementara itu, lini depan diperkuat oleh trio Cristiano Ronaldo yang serentak bertindak sebagai kapten berikut Andre Silva dan Goncalo Guedes.

Namun demikian, tuan rumah berhasil mengamankan pertahanannya sekaligus membuat para pemain bintang Portugal tak berkutik.

Tim tamu malah mendapat kartu merah dan harus bermain dengan 10 orang pemain di sepuluh menit akhir pertandingan. Pepe melakukan pelanggaran pada Callum Robinson di menit ke-81 sehingga sang wasit langsung memberikan kartu kuning kedua.

Walau demikian, dari hasil imbang ini Portugal tetap membawa pulang poin. Tambahan satu angka membuat Portugal masih mengamankan puncak klasemen Grup A dengan raihan total 17 poin dari tujuh pertandingan. Portugal unggul selisih gol dari Serbia di urutan kedua.

Republik Irlandia yang menuai enam poin dari tujuh pertandingan harus puas berada di posisi keempat, tertinggal tiga angka dari Luksemburg dan unggul lima angka dari Azerbaijan di dasar klasemen.

Sebelum pertandingan ini pelatih Portugal Fernando Santos sudah menyadari bahwa duel ini tidak akan mudah bagi mereka.

“Ini akan menjadi laga yang berat. Irlandia adalah tim yang tidak pernah menyerah. Mereka suka bermain dengan duel fisik, dan terorganisir saat menyerang maupun bertahan,” beber Santos.

Sebelumnya Santos menegaskan pertandingan itu tak ubahnya duel penghabisan bagi mereka. Kemenangan adalah harga mati.

“Kami akan bermain dengan cara yang menurut kami terbaik melawan Irlandia, dan kemudian kami akan memainkan final lainnya. Pertandingan di Irlandia ini benar-benar final. Kami harus menang.”

Hanya saja Republik Irlandia berhasil memaksa hasil imbang. Irlandia menunjukkan kerja keras seperti saat meladeni Portugal di pertemuan sebelumnya.

Susunan Pemain Republik Irlandia versus Portugal:

Republik Irlandia (3-4-3): Gavin Bazunu; Seamus Coleman (c), Shane Duffy, John Egan; Matt Doherty, Josh Cullen, Jeff Hendrick (Conor Hourihane 79′), Enda Stevens (James McClean 78′); Chiedozie Ogbene (Will Keane 90′), Callum Robinson, Jamie McGrath (Adam Idah 61′).

Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Nelson Semedo, Pepe, Danilo Pereira, Diogo Dalot; Joao Palhinha, Matheus (Joao Moutinho 57′), Bruno Fernandes (Renato Sanches 75′); Cristiano Ronaldo (c), Andre Silva (Joao Felix 75′), Goncalo Guedes (Rafael Leao 56′ (Jose Fonte 83′))

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *