by

Menang Dramatis Atas Swedia, Ukraina ke Perempat Final EURO 2020

Tim nasional Ukraina sukses memetik kemenangan dramatis atas timnas Swedia di babak 16 besar EURO 2020. Bertanding dai Hampden Park pada Rabu, 30 Juni 2021 dini hari WIB, Ukraina menang dengan skor 2-1.

Gol kemenangan Ukraina baru terciota di menit-menit akhir babak perpanjangan waktu melalui tandukan Artem Dovbyk. Sebelumnya Ukraina sempat memimpin melalajui Oleksandr Zinchenko di menit ke-22 sebelum disamakan oleh Emil Forsberg di menit ke-45.

Kemenangan ini tentu mengantar Ukraina ke babak delapan besar. Ukraina akan menghadapi Inggris. Di babak 16 besar beberapa jam sebelumnya, Inggris berhasil melibas Jerman dua gol tanpa balas masing-masing melalui gol Raheem Sterling dan Harry Kane.

Bagi Ukraina lolos ke babak perempat final Piala Eropa adalah pencapaian tersendiri. Selain itu ini menjadi catatan impresif bagi sang pelatih, Andriy Shevchenko. Mantan pemain AC Milan dan timnas Ukraina itu membuktikan dirinya mampu memberikan prestasi bagi negaranya.

Menghadapi Inggris, Shevchenko menyadari peluang timnya yang lebih kecil untuk memenangi pertandingan. Inggris baru saja menyingkirkan salah satu favorit juara sehingga kepercayaan diri dan ekpektasi pada mereka semakin tinggi.

Namun demikian Shevchenko menegaskan mereka tidak akan gentar menghadapi armada Gareth Southgate.

“Inggris adalah tim kuat, mereka punya kedalaman skuad dan pelatih yang luar biasa. Kami akan sangat waspada untuk pertandingan ini.”

Sheva, demikian sapaan karib Shevchenko mengakui soliditas tim tersebut. Walau begitu, mereka tidak takut.

“Saya menonton semua pertandingan fase grup mereka. Mereka sangat sulit dibobol, tapi kekuatan mereka tidak membuat kami takut,” lanjutnya.

Sementara itu bek Ukraina, Oleksandr Zinchenko mengakui Inggris dihuni sejumlah pemain berbahaya. Salah satunya adalah Sterling yang sekaligus menjadi rekan setim di Manchester City.

“Sterling adalah salah satu winger terbaik di dunia dan saat ini dia membawa perbedaan untuk Inggris,” aku Zinchenko.

Susunan Pemain Swedia versus Ukraina:
Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Mikael Lustig (Emil Krafth 83′), Victor Lindelof, Marcus Danielson, Ludwig Augustinsson (Pierre Bengtsson 83′); Sebastian Larsson (Viktor Claesson 97′), Albin Ekdal, Kristoffer Olsson (Filip Helander 101′), Emil Forsberg; Dejan Kulusevski (Robin Quaison 97′), Alexander Isak (Marcus Berg 97′).
Pelatih: Janne Andersson

Ukraina (4-3-3): Georgi Bushchan; Oleksandr Karavayev, Sergey Kryvtsov, Illia Zabarnyi, Mykola Matviyenko; Taras Stepanenko (Evgeniy Makarenko 95′), Serhiy Sydorchuk (Roman Bezus 118′), Oleksandr Zinchenko; Andriy Yarmolenko (Artem Dovbyk 105′), Roman Yaremchuk (Artem Besedin 90′ (Viktor Tsygankov 101′)), Mykola Shaparenko (Ruslan Malinovskyi 61′).
Pelatih: Andriy Shevchenko

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *