by

Cadangkan Neymar, Brasil Diimbangi Ekuador di Matchday 4 Copa America

Tim nasional Brasil gagal memetik kemenangan di matchday 4 Grup B Copa America 2021. Menghadapi timnas Ekuador di Estadio Olimpico Pedro Ludovico pada Senin, 28 Juni 2021 pagi WIB, Tim Samba harus puas berbagi angka usai bermain imbang 1-1.

Satu-satunya gol Selecao di pertandingan itu dicetak oleh Eder Militao di menit ke-37. Gol tersebut berawal dari tendangan bebas Everton yang disambut dengan sundulan Militao tanpa bisa digagalkan kiper Ekuador.

Sementara itu gol tunggal Ekuador lahir dari aksi Angel Mena di menit ke-53, memanfaatkan -kesalahan pemain Brasil. Sepakan mendatar Mena tak mampu dibendung kiper Brasil, Alisson Becker.

Dengan hasil imbang ini maka kedua tim harus berbagi satu angka. Tambahan satu angka membuat langkah Brasil ke babak 16 besar tetap tak terbendung. Brasil sebelumnya sudah menyegel satu tempat di babak selanjutnya sebagai juara grup.

Tak heran bila pelatih Brasil, Tite melakukan sejumlah pergantian dari skuad yang diturunkan di pertandingan sebelumnya. Tite sengaja menyimpan Neymar Junior untuk pertandingan selanjutnya di babak knock-out.

Selain itu Tite juga memberi kepercayaan kepada gelandang Douglas Luiz. Pemain berusia 23 tahun ini menggantikan posisi Fred.

“Douglas adalah pemain dengan lebih banyak kekuatan, penopang yang kuat, pengatur serangan jarak menengah, mengandalkan operan panjang, kaki yang bagus, dan passing. Fred adalah pemain yang lebih suka bergerak, artikulator, yang memberikan ritme, transisi pendek yang sangat cepat. Keduanya dengan karakteristik yang berbeda,” beber Tite sebelum pertandingan.

Walau demikian, Brasil enggan meremehkan Ekuador. Hal ini ditegaskan asisten pelatih BRasil, Cleber Xavier sebelum laga.

“Ini adalah pertandingan yang kompetitif, mereka adalah lawan yang tangguh. Ekuador sendiri memberikan banyak kesulitan pada kami di ajang Kualifikasi Piala Dunia,” tegas Cleber.

Di babak selanjutnya Brasil akan menghadapi Chile. Pertandingan memperebutkan tiket ke babak semi final ini dipastikan berjalan ketat. Pasalnya Chile juga menjadi salah satu tim dengan prestasi yang bagus di ajang Copa America dalam satu dekade terakhir.

Susunan pemain Brasil versus Ekuador:
Brasil (4-4-2): Alisson; Emerson, Marquinhos, Eder Militao, Renan Lodi (48′ Danilo); Everton (78′ Richarlison), Fabinho, Lucas Paqueta (78′ Everton Ribeiro), Douglas Luiz (64′ Casemiro); Roberto Firmino (64′ Vinicius Junior), Gabriel Barbosa.
Pelatih: Tite

Ekuador (4-4-1-1): Hernan Galindez; Angelo Preciado, Robert Arboleda, Diego Palacios (72′ Gonzalo Plata), Piero Hincapie; Moises Caicedo (17′ Angel Mena), Jhegson Mendez, Alan Steven Franco, Pervis Estupinan; Ayrton Preciado (84′ Mario Pineida); Enner Valencia (84′ Leonardo Campana).
Pelatih: Gustavo Alfaro

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *