by

Inggris Menang di Laga Uji Coba Terakhir Jelang EURO 2020

Tim nasional Inggris berhasil memetik hasil positif di laga uji coba terakhir sebelum tampil di putaran final EURO 2020. Menghadapi Rumania di Riverside Stadium pada Minggu, 6 Juni 2021, The Three Lions menang tipis, 1-0.

Gol tunggal kemenangan Inggris dicetak oleh Marcus Rashford di menit ke-68. Gol pemain depan Manchester United itu berasal dari titik putih setelah Jack Grealish dijatuhkan di kotak penalti oleh pemain Rumania.

Kemenangan ini tentu menjadi modal penting bagi Inggris sebelum ambil bagian di Piala Eropa. Inggris yang kini diasuh Gareth Southgate menjadi salah satu tim yang diperhitungkan di kejuaraan tersebut.

Inggris sebenarnya berpeluang menambah gol di pertandingan ini bila saja eksekusi penalti Jordan Henderson berhasil menggetarkan gawang lawan. Kegagalan di menit ke-77 menuai komentar, terutama dari sang pelatih.

Southgate pertama-tama mempermasalahkan keputusan Henderson mengambil penalti. Gelandang Liverpool yang baru pulih dari cedera itu sebenarnya bukan algojo yang ditetapkan.

Eksekutor tendangan penalti di timnas Inggris sudah ditetapkan. Rashford dan James Ward-Prowse menjadi pilihan pertama dan kedua. Di tempat ketiga ada Dominic Calvert-Lewin. Sebelum Inggris mendapat penalty, Rashford dan James Ward sudah ditarik keluar, namun masih ada opsi penendang ketiga yakni Dominic Calvert-Lewin. Namun Henderson justru mengambil jatah itu.

“Kami menempatkan Marcus Rashford sebagai algojo utama, kemudian James Ward-Prowse, tetapi keduanya sudah diganti,” beber Southgate.

Southgate mengatakan situasi ini akan mendapat perhatian serius. Tentu ia akan bersikap tegas di pertandingan berikutnya.

“Kami mengharapkan Dominic Calvert-Lewin untuk mengambil tendangan penalti dan saya berharap Hendo memberikan kesempatan itu. Kami akan berlaku lebih tegas berikutnya,” sambungnya.

Sementara itu Henderson mengatakan dirinya cukup yakin bisa mengeksekusi tendangan tersebut. Namun ia tak bisa menampik kiper lawan tampil bagus.

“Saya percaya diri tapi kiper melakukan penyelamatan bagus. Bukan eksekusi penalti bagus, tapi saya tidak mau terlalu menghiraukan itu.”

Susunan Pemain Timnas Inggris versus Timnas Rumania:

Timnas Inggris (4-3-3): Sam Johnstone; Ben Godfrey, Ben White, Tyrone Mings, Luke Shaw (Kieran Trippier 75′); James Ward-Prowse (Declan Rice 65′), Kalvin Phillips (Jordan Henderson 46′), Jack Grealish; Jadon Sancho (Jude Bellingham 65′), Dominic Calvert-Lewin (Ollie Watkins 82′), Marcus Rashford (Jesse Lingard 75′).

Pelatih: Gareth Southgate

Rumania (4-3-3): Florin Nita; Deian Sorescu (Tiberiu Capusa 66′), Ionut Nedelcearu (Adrian Rus 84′), Vlad Chiriches (c), Camora; Nicolae Stanciu, Razvan Marin, Alexandru Cicaldau (Constantin Budescu 80′); Andrei Ivan, Denis Alibec (Ianis Hagi 66′), Alexandru Paun (Alexandru Mihail Baluta 80′)

Pelatih: Mirel Radoi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *