by

Belgia Menang Tipis Atas Belarus di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Tim nasional Belgia meraih poin sempurna dalam lanjutan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Menghadapi Belarus pada Kamis, 9 September 2021 dini hari WIB, The Red Devils menang satu gol tanpa balas.

Kemenangan tipis itu tetap memberi Belgia poin sempurna. Belgia kini sudah mengemas 16 poin dari enam laga. Belgia semakin kokoh di puncak Grup E. Belgia yang diarsiteki Roberto Martinez unggul jauh dari peringkat kedua yakni Ceko. Kedua tim berjarak sembilan angka. Ceko masih bisa memperkecil ketertinggalan karena memiliki satu pertandingan lebih sedikit.

Gol tunggal kemenangan Belgia di laga ini dicetak oleh Dennis Praet. Gol di menit ke-33 itu berawal dari umpan Alexis Saelemaekers.

Kemenangan ini tentu mendekatkan Belgia dengan putaran final Piala Dunia tahun depan. Eden Hazard dan kolega berpeluang besar tampil di Qatar sekaligus membuktikan diri sebagai tim peringkat pertama FIFA.

Belgia gagal berbicara banyak di Piala Eropa 2020 pada Juli lalu. Belgia disingkirkan Italia di babak perempat final. Belgia menyerah dengan skor 1-2 pada Sabtu, 3 Juli 2021 dini hari WIB silam.

“Italia tim yang sudah berkembang bulan lalu. Anda bisa menyaksikan rangkaian kemenangannya telah membentuk kekuatan mereka,” ungkap Martinez usai kekalahan itu.

“Ini membuat mereka bisa mengawali babak pertama dengan lebih baik. Pada babak kedua kami menjalani pertandingan dengan lebih baik dan kami mampu menciptakan peluang-peluang.”

Ia melihat sejumlah pemain Belgia mengalami perkembangan. Ia pun merasa senang karena mereka akan menjadi harapan di masa depan mengingat usia mereka masih mudah.

“Jeremy sudah berkembang di kamp dan tiga hari terakhir dia menunjukkan siap seperti yang Anda lihat hari ini.  Jelas dia memiliki energi yang bisa kami gunakan. Dia tidak pernah terlihat seperti pemain muda dalam pertandingan tadi itu.”

Walau gagal mengantar Belgia ke tangga juara, posisi Martinez di kursi pelatih masih aman.

“Rasanya sedih dan kecewa karena saya merasa pemain-pemain tak perlu tersingkir dari turnamen ini. Para pemain telah melakukan semua yang mereka bisa untuk membuat kami sejauh yang kami bisa,” tegas pelatih asal Spanyol itu.

Susunan Pemain Belgia versus Belarusia:

Belgia (3-4-3): Koen Casteels; Toby Alderweireld, Dedryck Boyata, Jason Denayer; Alexis Saelemaekers (Thomas Foket 84′), Dennis Praet, Youri Tielemans, Timothy Castagne; Leandro Trossard (Eden Hazard 60′), Michy Batshuayi (Leander Dendocker 84′), Dodi Lukebakio (Christian Benteke 76′).

Belarusia (4-5-1): Sergey Chernik; Maksim Shvetsov, Artem Rakhmanov, Aleksandr Sachivko, Nikolai Zolotov (Dmitriy Podstrelov 81′); Gleb Shevchenko (Roman Begunov 81′), Ruslan Lisakovich (Max Ebong 70′), Artem Bykov, Vitali Lisakovich, Vladislav Klimovich; Maksim Skavysh (Pavel Sedko 69′)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *