by

Sempat Gagal Penalti, Mane Bawa Senegal Juara Piala Afrika 2021

Tim nasional Senegal akhirnya menjadi yang terbaik di Piala Afrika 2021. Di partai final, skuat berjuluk Singa Teranga itu berhasil mengatasi perlawanan timnas Mesir melalui drama adu penalti.

Duel tersebut digelar di Paul Biya Stadium, Olembe, Kamerun pada Senin, 7 Februari 2022 dini hari WIB. Kedua tim menyudahi 120 menit pertandingan tanpa gol.

Pemenang pun harus ditentukan melalui adu tos-tosan. Senegal akhirnya keluar sebagai juara usai tendangan Sadio Mane berhasil menggetarkan gawang Mesir yang dijaga Abou Gabal.

Sebelumnya di menit ketujuh Gabal berhasil menggagalkan eksekusi penalti Sadio Mane. Berawal dari pelanggaran Mohamed Abdelmonem pada Saliou Ciss di kotak terlarang, wasit kemudian menunjuk titik putih.

Mane yang tampil sebagai eksekutor mencoba melepaskan tendangan keras ke pojok gawang. Namun, tendangan pemain Liverpool itu berhasil diblok Abou Gabal.

Mane akhirnya menebus kegagalan itu saat menjadi penendang terakhir dalam drama adu tos-tosan. Ia tak ingin kembali gagal. Sepakannya pun berhasil menggetarkan gawang Mesir sekaligus memastikan timnya menempati podium tertinggi.

Pelatih Senegal, Aliou Cisse tak kuasa menahan kegembiraannya. Setalah tiga kali gagal, ia akhirnya bisa menghadirkan gelar juara bagi rakyat Senegal.

“Gelar ini menunjukkan bahwa jika kamu bekerja keras, jika anda tetap bertahan dan tak menyerah, anda akan mendapatkan yang anda mau,” beber Cisse.

Lebih lanjut, Cisse mengaku ia sangat emosional. Ia tahu negaranya sudah menanti trofi selama 60 tahun.

“Saya sangat emosional, sebab kami rakyat Senegal sudah menantikan trofi ini selama 60 tahun lamanya,” tegasnya.

Sementara itu Mane sebelum pertandingan final menegaskan timnya sangat berhasrat untuk memenangi turnamen ini. Baginya, sang pelatih pantas mendapat gelar tersebut.

“Saya yakin ia (Cisse) berhak atas segalanya, sebab dia adalah pelatih yang paling banyak dikritik yang pernah saya lihat, namun dia tak pernah menyerah,” beber Mane.

“Dia percaya dengan dirinya, dengan tim ini. Di luar sana, dia dikritik, namun di dalam tim dia terus bekerja. Kami ingin memenangi trofi ini untuknya dan untuk negara kami, sebab dia pantas mendapatkannya, setelah apa yang dia lalui sebagai pemain dan pelatih untuk Senegal,” tegas Mane.

Susunan Pemain Senegal versus Mesir:

Senegal (4-2-3-1): Mendy; Sarr, Koulibaly, Diallo, Ciss; Kouyate, Mendy; Ismaila Sarr, Gueye, Sadio Mane; Diedhiou.

Pelatih: Aliou Cisse

Mesir (4-3-3): Abou Gabal; Ashour, Abdelmonem, Hamdy, Fattoh; Fathi, Elneny, Al-Sulaya; Mohamed Salah, Mostafa Mohamed, Omar Marmoush.

Pelatih: El-Sayed El-Dhizui (pengganti)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *