by

Napoli Imbangi Barcelona di Camp Nou

Barcelona gagal memetik kemenangan di leg pertama babak play-off Liga Europa kala menjamu Napoli di Camp Nou pada Jumat, 18 Februari 2022 dini hari WIB.

Duel kedua tim berakhir sama kuat dengan skor 1-1. Barcelona lebih dahulu tertinggal di menit ke-29. Tendangan Piotr Ziolinski dari jarak dekat sempat ditepus Marc-Andre Ter Stegen. Namun Ziolinski berhasil menyambar bola tersebut untuk menggetarkan gawang tuan rumah.

Barcelona yang mendominasi pertandingan mampu mengukir banyak peluang. Namun, tuan rumah hanya mampu mencetak satu gol untuk menyamakan kedudukan di menit ke-56.

Berawal dari serangan cepat Adama Traore, bola kemudian diteruskan ke kotan penalti Napoli. Namun, bola mengenai tangan Juan Jesus. Setelah melihat VAR, wasit kemudian menunjuk titik putih.

Ferran Torres yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugas dengan baik. Tendangannya berhasil mengoyak gawang Napoli yang dikawal Alex Meret.

Pelatih Napoli, Luciano Spalletti mengatakan kedua tim pantas memetik hasil imbang. Namun, ia tak setuju dengan keputusan wasit yang memberi Barcelona penalti.

“Dengan segala hormat, saya akan bilang Barcelona layak mendapatkan hasil imbang, tapi penalti itu mengada-ada. Kontaknya tidak mengubah arah bola. Bolanya tak menyentuh ujung-ujung jarinya, itu mengenai kelingking,” beber Spalletti.

Lebih lanjut, Spalletti mengatakan Juan Jesus berusaha menjaga tangannya di belakang punggung.

“Lengannya juga tampak berada di posisi yang cukup natural. Para bek harus terus-terusan menjaga tangan mereka di belakang punggung, yang membatasi pergerakan ketika berlari, atau entah apa yang seharusnya mereka lakukan.”

Walau begitu, Spalletti mengakui timnya sempat terpancing dengan permainan Blaugrana.

“Kami mencoba menjaga pertandingan tetap ketat di babak kedua, tapi pada akhirnya malah bermain terlalu dalam dan itulah persoalan ketika melawan Barcelona.”

“Itu sesuatu yang seharusnya tidak kami lakukan, meski tidak ada keraguan soal kualitas lawan. Ada momen-momen ini, ketika kami tampak tidak mampu menjalankan pressing tinggi, kami mengumpan ke belakang dan membiarkan lawan menekan ke depan.”

Kedua tim masih bertemu di leg kedua. Duel tersebut akan digelar di kandang Napoli. Pemenang di laga itu akan melangkah ke babak selanjutnya. Spaletti menegaskan ada sejumlah hal yang harus mereka perbaiki.

Susunan Pemain Barcelona versus Napoli:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Oscar Mingueza (Sergino Dest 81′), Gerard Pique, Eric Garcia, Jordi Alba; Frenkie de Jong (Sergio Busquets 65′), Nico Gonzalez (Gavi 65′), Pedri; Adama Traore (Ousmane Dembele 65′), Pierre-Emerick Aubameyang (Luuk De Jong 86′), Ferran Torres.

Napoli (4-2-3-1): Alex Meret; Giovanni Di Lorenzo, Kalidou Koulibaly, Amir Rrahmani, Juan Jesus; Fabian Ruiz, Andre-Frank Zambo Anguissa (Kevin Malcuit 84′); Eljif Elmas (Mario Rui 85′), Piotr Zielinski (Diego Demme 80′), Lorenzo Insigne (Adam Ounas 72′); Victor Osimhen (Dries Mertens 80′).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *