by

Karim Benzema Brace, Real Madrid Kokoh di Puncak Grup Liga Champions

Real Madrid memetik kemenangan penting di pekan keempat penyisihan Grup D Liga Champions Eropa. Menghadapi tamunya Shakhtar Donetsk di Stadion Santiago Bernabeu, Kamis, 4 November 2021 dini hari WIB, El Real berhasil memetik kemenangan tipis 2-1.

Sepasang gol tuan rumah diborong oleh sang striker, Karim Benzema. Sementara itu, gol semata wayang tim tamu dicetak oleh Fernando.

Kemenangan tipis ini lebih dari cukup memberi Los Blancos tiga poin. Madrid kini mengemas total sembilan angka dan memuncaki Grup D. Madrid unggul dua angka dari Inter Milan di posisi kedua dan tiga angka di depan Sheriff. Sementara itu kekalahan ini membuat posisi Shakhtar kian terpuruk di dasar klasemen dengan satu angka.

Madrid, Inter, dan Sheriff akan menjalani dua laga terakhir yang menentukan nasib mereka. Dua tim yang berhasil meraih hasil maksimal di dua laga penentuan itu akan lolos ke babak 16 besar.

Gol pertama Madrid di laga ini tercipta di menit ke-14. Berawal dari kesalahan umpan Anatoliy Trubin, bola kemudian dicuri Vinicius Junior dan memberikan umpan terukur yang bisa diselesaikan dengan baik oleh Benzema.

Tuan rumah membuat kejutan dengan menyamakan kedudukan di menit ke-39. Sepakan voli first time Fernando tak bisa digagalkan kiper tuan rumah Thibaut Courtois.

Madrid akhirnya memastikan kemenangan di babak kedua. Vinicius kembali menjadi pemberi asis setelah terlibat kerja sama satu-dua dengan Casemiro.

Kemenangan ini tentu tidak lepas dari strategi yang diterapkan sang pelatih, Carlo Ancelotti. Perubahan taktik yang dilakukan pelatih asal Italia itu sungguh berdampak pada permainan tim asal ibu kota Spanyol itu.

“Mereka [wing-backs] pemain-pemain penting, tapi semua pemain juga demikian. Setiap wing-back memiliki karakteristiknya sendiri dan kami hanya perlu menikmati itu. Anda juga harus mempertimbangkan karakteristik pemain yang bermain di depan mereka.”

“Vinicius membutuhkan wing-back yang mendorong dia naik ke depan sebab dia suka menyisir sayap. Namun, ketika kami memainkan Asensio, kami membutuhkan wing-back yang lebih aktif naik ke depan untuk menambah lebar serangan.”

Mantan pelatih Bayern Muenchen itu mengatakan strategi wing-back yang diterapkan selalu berubah di tiap pertandingan. Hal ini bergantung pada taktik yang ingin diterapkan.

“Strategi wing-backs kami berubah-ubah di setiap pertandingan dan itu tergantung pada taktik lawan kami,” pungkas pria yang karib disapa Don Carlo itu.

Susunan pemain Real Madrid versus Shakhtar Donetsk:

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Daniel Carvajal, Eder Militao, David Alaba, Ferland Mendy; Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric; Lucas Vazquez, Karim Benzema, Vinicius Junior.

Cadangan: Luka Jovic, Nacho, Marco Asensio, Miguel Gutierrez, Toni Fuidias, Marcelo, Eduardo Camavinga, Eden Hazard, Andriy Lunin, Jesus Vallejo, Antonio Blanco, Isco.

Shakhtar Donetsk (4-5-1): Anatolii Trubin; Dodo, Marlon Santos, Mykola Matvyenko, Ismaily; Mateus Tete, Maycon, Taras Stepanenko, Alan Patrick, Mykhailo Mudryk; Fernando.

Cadangan: Manor Solomon, Vitao, Sergey Krivtsov, Marcos Antonio, Marlos Bonfim, Viktor Korniienko, Artem Bondarenko, Heorhii Sudakov, Dentinho, Yukhym Konoplia, Danylo Sikan, Andriy Pyatov.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *