by

Guardiola Ungkap Kunci Manchester City Tekuk Chelsea

Manchester City sukses membungkam Chelsea di pekan ke-22 Liga Primer Inggris yang berlangsung pada Sabtu, 15 Januari 2022. Kemenangan tipis satu gol tanpa balas lebih dari cukup menegaskan dominasi The Citizen di pentas Liga Primer Inggris.

Pelatih City, Pep Guardiola pun mengungkapkan kunci timnya mengalahkan The Blues. Menghadapi Si Biru yang tampil solid, timnya harus tampil telaten.

“Hasil yang sangat layak. Kami tak bisa mengharapkan 10, 12 peluang melawan tim ini. Mereka jawara Eropa. Mereka menunggu di transisi untuk menghukum kami dan kami mencetak gol dalam sebuah transisi,” beber Guardiola.

Pelatih asal Spanyol itu menegaskan timnya bermain sabar. Mereka bisa mengatasi bahkan mendominasi permainan atas salah satu tim dengan kualitas transisi terbaik di Liga Inggris.

“Kami sejak awal tahu tim seperti apa yang kami hadapi dan seberapa bagusnya mereka. Secara umum hari ini, kami sangat sabar. Dalam hal transisi, mereka salah satu yang terkuat bersama Liverpool.”

Mantan juru taktik Barcelona dan Bayern Muenchen itu menegaskan yang terlihat bisa diangap sederhana, namun sesungguhnya sangat sulit.

“Kalau kami tak menyelesaikan aksi serangan, mereka bisa melakukan tusukan dan mereka sangat bagus dalam hal itu. Terkadang situasinya dari luar terlihat simpel, tapi mereka sangat sulit.”

Kemenangan ini sangat penting bagi City. Namun ia menolak anggapan bahwa persaingan menuju tangga juara sudah berakhir.

Baginya masih ada sejumlah pesaing. Salah satunya adalah Liverpool. Selisih delapan poin misalnya masih belum cukup untuk mengklaim gelar juara.

“Liverpool menyimpan satu laga di tangan (setelah lawan Brentford). Kalau mereka menang atas Leeds, jaraknya delapan poin dan delapan poin di bulan Januari itu bukan apa-apa. Para pemain akan tetap rendah hati. Kami sudah bersama-sama enam musim.”

Guardiola menyadari timnya masih memiliki sejumlah agenda turnamen, tidak hanya Liga Primer Inggris semata.

“Di Januari, mustahil. Tapi 12 laga beruntun: menang, menang, menang. Tapi ke depannya bukan cuma ada Premier League, ada Liga Champions, Piala FA, banyak titel,” tandas Guardiola.

Gol tunggal kemenangan City dicetak oleh Kevin De Bruyne di menit ke-84. Pemain internasional Belgia itu mencetak gol indah memanfaatkan asis Joao Cancelo.

“Pertandingannya sangat ketat dan menyenangkan bisa bikin gol untuk memenangkan laga penting ini. Kami terus berjuang untuk jadi juara, tapi jangan melihat terlalu jauh,” beber De Bruyne.

Lebih lanjut De Bruyne mengatakan dirinya berusaha mencari ruang tembak dalam beberapa percobaa. Walau dalam posisi sulit, ia akhirnya bisa menggetarkan gawang Chelsea yang dijaga Kepa Arrizabalaga.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *