by

Erik ten Hag Resmi Jadi Pelatih Permanen Manchester United

Manchester United akhirnya mengkonfirmasi rumor terkait Erik ten Hag. Belakangan ini nama pelatih Ajax Amsterdam itu santer disebutkan akan diikat Setan Merah secara permanen.

Ya, kabar tersebut tak lagi jadi isapan jempol belaka. United baru saja memaklumkan penunjukkan pelatih asal Belanda itu sebagai pelatih permanen mulai musim depan dengan durasi kontak tiga tahun dan opsi perpanjangan satu tahun.

Pasca penunjukkan pada Kamis, 21 April 2022 petang WIB, Erik mengaku tersanjung. Ia merasa terhormat ditunjuk sebagai pelatih United.

“Merupakan kehormatan besar untuk ditunjuk sebagai manajer Manchester United dan saya sangat senang dengan tantangan di depan,” beber Ten Hag.

Lebih lanjut, sosok yang membawa kejayaan bagi Ajax dalam empat musim terakhir mengatakan dirinya memahami harapan dari klub dan para penggemar United. Ia berharap bisa membawa kesuksesan bagi klub tersebut.

“Saya tahu sejarah klub hebat ini dan semangat para penggemar, dan saya benar-benar bertekad untuk mengembangkan tim yang mampu memberikan kesuksesan yang pantas mereka dapatkan,” tegasnya.

Penunjukkan Erik mendapat tanggapan luas, termasuk dari calon-calon rival di Liga Primer Inggris. Dua pelatih yang turut berkomentar adalah Jurgen Klopp dan Pep Guardiola.

Bahkan kedua pelatih itu menyambut baik bila Erik menjadi pelatih United jauh sebelum namanya ramai diberitakan.

“Erik pantas dianggap sebagai salah satu talenta kepelatihan paling menarik di dunia sepakbola saat ini karena pekerjaannya bersama Ajax,” beber Klopp pada 2020 lalu.

Pelatih asal Jerman itu coba membandingkan tantangannya saat menjadi pelatih Borussia Dortmund dengan apa yang dilakukan Ten Hag bersama Ajax.

“Mereka harus beradaptasi dalam beberapa musim terakhir setelah kehilangan beberapa pemain dari klub rival. Saya ingat dari pengalaman saya sendiri di Dortmund bagaimana rasanya dan tantangannya.”

Klopp terpukau dengan cara Erik membangun Ajax Amsterdam. Ia mengaku senang menyaksikan tim tersebut bertanding.

Hal senada dikatakan Guardiola. Dalam pernyataannya beberapa waktu lalu, Guardiola mengaku terkesima dengan kepribadian Erik.

“Untuk kualitasnya, lihat saja tim Ajax-nya dalam beberapa tahun terakhir. Sangat menyenangkan untuk menontonnya. Dalam banyak, banyak pertandingan, bukan hanya tahun ketika mereka mencapai semifinal Liga Champions.”

Guardiola yang pernah menangani Barcelona dan Bayern Muenchen mengaku tak ragu dengan kualitas Erik ten Hag. Saat itu Guardiola menegaskan bila memungkinkan ia akan menghubungi United untuk merekrut Erik

“Tidak ada keraguan tentang itu. Jika saya 100 persen yakin, saya akan menelepon Manchester United dan berkata, ‘Teman-teman, Anda harus membawanya,’ tetapi tidak ada yang tahu.”

Ternyata prediksi dan komentar Guardiola itu sungguh menjadi kenyataan.

Selamat datang Erik ten Hag!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *