by

Bungkam Ekuador, Brasil Belum Terkalahkan di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Tim nasional Brasil Kembali meemtik hasil positif dalam pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan. Menghadapi timnas Ekuador di Estadio Beira-Rio, Sabtu, 5 Mei 2021, Selecao menang dua gol tanpa balas.

Sepasang gol Tim Samba dicetak oleh Richarlison di babak kedua dan sepakan penalti Neymar Junior di penghujung laga.

Ini menjadi kemenangan kelima di babak kualifikasi zona CONMEBOL itu. Armada besutan Tite pun mengemas poin sempurna, 15 dan masih nyaman di puncak klasemen. Sementara itu posisi kedua ditempati Argentina.

Kekalahan ini membuat Ekuador gagal menambah poin dan memperbaiki posisi di tabel klasemen sementara. Ekuador masih bertahan di posisi ketiga dengan sembilan poin.

Para pemain Brasil mengungkapkan keberatan negaranya menjadi tuan rumah Copa America 2021. Para pemain sepertinya kompak menyampaikan penolakan.

“Kita tidak bisa bicara soal Copa America, meski semua tahu seperti apa keinginan kami. Tapi kami tidak bisa bicara itu, semua orang tahu apa yang kami pikirkan,” beber Casemiro.

“Kami sudah jelaskan apa keinginan kami soal Copa America, tapi kami harus menghormati pimpinan,” sambungnya.

Lebih lanjut gelandang yang bermain untuk Real Madrid itu menegaskan mereka sudah menjelaskan sikap mereka.

“Kami sebenarnya ingin bersuara tapi sayangnya kami tidak bisa. Sebagai kapten dan pemimpin tim, kami sudah jelaskan posisi kami. Kami ingin membicarakan itu, tapi bukan sekarang.”

Ia menegaskan penolakan itu tidak hanya para pemain yang berkiprah di Eropa, tetapi para pemain yang bermain di kompetisi dalam negeri pun mengambil sikap yang sama.

Sementara itu pelatih timnas Brasil, Tite mengatakan dirinya menghargai sikap yang diambil para pemain. Ia mengatakan para pemain akan mencari waktu yang tepat untuk menyampaikan sikap mereka kepada pihak terkait di sepak bola dan pemerintah Brasil.

“Mereka tentu punya pendapatnya masing-masing, mereka beritahukan itu kepada presiden dan mereka akan mengumumkannya di saat yang tepat. Itulah mengapa kapten tim Casemiro absen hari ini,” beber Tite.

Sebelum pertandingan kontra Ekuador, Tite menegaskan kepada para pemain untuk tetap menjaga fokus. Ia menegaskan pertandingan kontra Ekuador lebih penting dari Copa America.

Susunan Pemain Brasil versus Ekuador:

Brasil (4-3-3): Brasil: Alisson; Danilo, Marquinhos, Eder Militao, Alex Sancho; Lucas Paqueta, Casemiro, Fred (Gabriel Jesus 64′); Richarlison (Fabinho 90+1′), Gabi (Firmino 76′), Neymar.

Pelatih: Tite

Ekuador  (4-4-2): Alexander Dominguez; Angelo Preciado, Robert Arboleda, Xavier Arreaga, Pervis Estupinan; Jhegson Mendez (Estrada 78′), Carlos Gruezo; Angel Mena (Cazares 86′), Ayrton Preciado (F. Martínez 72′), Alan Franco; Enner Valencia (Caicedo 76′).

Pelatih: Gustavo Alfaro

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *