by

Barcelona Tersingkir dari Copa del Rey

Barcelona harus mengakui keunggulan Athletic Bilbao di babak 16 besar Copa del Rey 2021/2022. Blaugrana takluk dengan skor ketat 3-2 pada Jumat, 21 Januari 2022 dini hari WIB di San Mames Barria.

Iker Muniain mencetak brace atau sepasang gol bagi tuan rumah masing-masing di menit kedua dan sepakan penalti di menit ke-105+1. Satu gol lagi disumbangkan Inigo Martinez di menit ke-86.

Sepasang gol tim tamu dicetak oleh Ferran Torres di menit ke-20 dan Pedri di menit ke-90+3.

Kemenangan tuan rumah ditentukan di babak extra time dari titik putih. Gol ini berawal dari handball yang dilakukan Jordi Alba di kotak penalti. Alba berusaha mengantisipasi crossing Nico Williams namun justru melakukan pelanggaran.

Barcelona sebenarnya sempat menyamakan kedudukan ketiga Torres mencatatkan namanya di papan skor di paruh kedua babak tambahan waktu. Sayangnya, gol tersebut dianulir karena eks pemain Manchester City itu dianggal lebih dahulu berada dalam posisi offside.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengakui timnya mendapat perlawanan bahkan kesulitan mengembangkan permainan. Bilbao menunjukkan performa luar biasa.

“Mereka tidak membiarkan kami berkembang. Mereka bertahan dengan intensitas tinggi yang belum bisa kami tandingi. Mereka melampaui kami dalam hal intensitas,” beber Xavi.

Xavi bersaksi dirinya melihat performa terbaik dari Bilbao di pertandingan ini.

“Saya baru saja melihat bentuk terkuat Athletic Bilbao. Gol Pedri memberi kami harapan di babak tambahan waktu, tapi kami tersingkir,” sambungnya.

Barcelona kini harus kehilangan satu kesempatan untuk meraih gelar. Xavi menegaskan timnya akan memalingkan perhatian pada kompetisi yang masih diikuti yakni LaLiga dan Liga Europa.

“Ini adalah saat-saat yang sulit, tetapi tidak ada pilihan selain terus bekerja dan memikirkan liga dan Liga Europa,” pungkas Xavi.

Susunan Pemain Athletic Bilbao versus Barcelona:

Athletic Bilbao: Julen Agirrezabala; Oscar De Marcos (Inigo Lekue 106′), Dani Vivian, Inigo Martinez, Yuri Berchiche (Mikel Balenziaga 91′); Nico Williams (Oier Zarraga 110′), Dani Garcia, Mikel Vesga (Peru Nolaskoain 117′), Iker Muniain (c); Oihan Sancet (Inaki Williams 52′), Raul Garcia (Alex Berenguer 79′).

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Dani Alves, Ronald Araujo, Gerard Pique, Jordi Alba; Gavi (Frenkie de Jong 61′), Sergio Busquets (c), Pedri (Martin Braithwaite 105′); Abdessamad Ezzalzouli (Nico Gonzalez 46′), Ferran Torres, Ferran Jutgla (Ansu Fati 61′ (Sergino Dest 96′)).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *