by

Koeman Sebut Messi Kandidat Terkuat Raih Ballon d’Or 2021

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman menegaskan Lionel Messi menjadi kandidat terkuat untuk memenangai Ballon d’Or 2021. Pelatih asal Belanda itu mengatakan hal tersebut mengacu pada sepak terjang Messi dalam satu tahun terakhir.

Messi menjadi mesin gol Barcelona di musim lalu dengan menyumbang 38 gol dan 14 assist dalam 47 pertandingan bersama Barcelona di musim 2020/2021. Selain itu, Messi ikut andil mengantar Barcelona menjuarai Copa del Rey.

Belum lama ini pemain berjuluk La Pulga sukses mengantar timans Argentina memenangi Copa America 2021. Messi pun menjadi pencetak gol terbanyak di turnamen tersebut.

“Messi itu penting untuk permainan kami, dia adalah kaptennya dan teladannya,” puji Koeman.

“Efisiensi dia pada musim lalu itu sangat besar setelah start musim yang rumit karena situasi dia. Tapi sekali lagi dia menunjukkan bahwa dia dulu pemain terbaik dunia.”

Mantan pemain timnas Belanda dan Barcelona itu mengakui betapa berartinya trofi Copa America bagi Messi. Setelah mengalami beberapa kegagalan, Messi akhirnya mampu memberikan gelar juara bagi negaranya.

“(Memenangi Copa America) sangatlah penting karena saya tahu seberapa besar dia menginginkannya setelah lama sekali bermain tanpa memenangi apapun dengan tim naional. Sebagai pemain terbaik dunia dia terbiasa memenangi banyak hal dan pada akhirnya dia mendapatkan apa yang dia perjuangkan.”

Dengan demikian, hemat Koeman, tidak ada alasan yang melemahkan Messi untuk menjadi pemain terbaik dunia tahun ini.

“Dia itu kandidat utama untuk Ballon d’Or atas musim hebat yang dia jalani dan memenangi Copa America. Bagi saya, dia itu favorit teratas memenanginya,” tegas Koeman.

Sementara itu Messi masih akan menjadi andalan Barcelona di musim baru. Walau kedua belah pihak belum secara resmi mengumumkan perpanjangan kontrak, namun ada indikasi kuat Messi akan bertahan.

Kehadiran Messi tentu akan membantu Koeman untuk menebus kegagalan musim lalu di pentas LaLiga. Alih-alih menjadi juara, Barcelona harus puas finis di peringkat ketiga di belakang Real Madrid dan sang juara, Atletico Madrid.

Koeman pun berharap sejumlah pemain andalannya bisa lebih produktif di musim baru. Beberapa di antaranya adalah Frenkie de Jong dan Pedri. Pemain yang disebutkan terakhir itu tampil gemilang bersama Spanyol di Piala Eropa.

“Frenkie de Jong harus jalan terus seperti yang sudah dia lakukan. Setelah musim pertamanya, dia sudah banyak kemajuan dan dia punya tanggung jawab lebih di tim. Dia sudah meningkat dan kami akan terus bekerja agar dia lebih baik. Seperti semua gelandang, dia baiknya mengincar antara tiga dan enam gol.”

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *