by

Jalan Panjang Italia Menuju Piala Dunia 2022

Tim nasional Italia harus melewati jalan panjang menuju putaran final Piala Dunia 2022. Gli Azzurri gagal mendapat tiket lolos otomatis ke pesta akbar empat tahunan itu.

Sebabnya, armada Roberto Mancini hanya bisa meraih hasil imbang saat menghadapi Irlandia Utara di laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Windsor Park, Selasa, 16 November 2021 dini hari WIB.

Duel tersebut berakhir dengan skor kaca mata alias tanpa gol. Bagi Italia hasil seri ini tak cukup mengamankan posisi mereka di puncak klasemen Grup C.

Italia mengemas total 16 poin dari delapan pertandingan, tertinggal dua angka di belakang Swiss yang dipastikan mendapat satu tiket ke Qatar tahun depan.

Sementara itu, Irlandia Utara yang sudah tak memiliki harapan tetap menampilkan permainan terbaik. Mereka bisa mengimbangi Italia yang turun dengan kekuatan penuh. Irlandia Utara pun finis di posisi ketiga dengan tabungan total sembilan poin dari delapan laga.

Roberto Mancini tetap optimis dengan peluang timnya pentas di Piala Dunia 2022. Ia bertekad menemukan kembali versi terbaik dari timnas Italia.

“Kami harus menemukan kembali hal yang membuat Italia berbeda dari negara lain. Sekarang yang harus dilakukan adalah bersiap untuk babak play-off,” beber Mancini.

“Setelah itu, Italia harus lolos ke Piala Dunia dan semoga bisa juara. Saya percaya Italia masih bisa menjadi tim yang hebat.”

Mantan pelatih Manchester City itu mengatakan kini mereka mengalami momen yang sulit karena harus bertarung di babak play-off.

“Sekarang momen yang sulit, karena kami membuang kesempatan untuk lolos otomatis.”

Terkait pertandingan pamungkas menghadapi Irlandia Utara, Mancini kecewa karena timnya gagal mencetak gol meski mampu mengendalikan pertandingan.

“Italia kesulitan mencetak gol walau mengendalikan pertandingan dan mengambil inisiatif lebih dulu.”

“Hanya saja, kami tidak bisa mengubah apa-apa. Sayang sekali karena seharusnya hasil kualifikasi sudah bisa ditentukan sejak beberapa waktu lalu,” pungkasnya.

Susunan Pemain Irlandia Utara versus Italia:

Irlandia Utara (4-1-4-1): Bailey Peacock-Farrell; Craig Cathcart, Tom Flanagan, Jonny Evans, Jamal Lewis; Steven Davis; Stuart Dallas, Alistair McCann, George Saville (Corry Evans 72′), Gavin Whyte (Conor Washington 72′); Josh Magennis.

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Francesco Acerbi, Emerson (Gianluca Scamacca 80′); Sandro Tonali (Bryan Cristante 46′), Jorginho (Manuel Locatelli 68′), Nicolo Barella (Andrea Belotti 64′); Domenico Berardi, Lorenzo Insigne (Federico Bernardeschi 68′), Federico Chiesa.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *