by

Barcelona Kalah dari Real Betis Gara-gara Serangan Balik

Barcelona harus menelan pil pahit di pekan ke-16 LaLiga Spanyol. Bertindak sebagai tuan rumah di Camp Nou, Sabtu, 4 Desember 2021 malam WIB, Blaugrana menyerah dari tamunya Real Betis satu gol tanpa balas.

Gol tunggal kemenangan tim tamu dicetak oleh Juanmi di babak kedua. Gol tersebut berawal dari serangan balik cepat yang dilancarkan tim tamu.

Kekalahan ini menodai catatan positif Xavi Hernandez sebagai pelatih anyar Barcelona. Ini menjadi kekalahan pertama Barca di tangan mantan pemain timnas Spanyol dan Barcelona itu.

Dampak dari kekalahan ini Barcelona gagal meraih poin. Perolehan angka Barcelona tertahan di angka 23 dan berada di posisi ketujuh klasemen sementara. Sementara itu, Real Betis naik ke posisi ketiga dengan tabungan total 30 poin.

Xavi begitu kecewa dengan hasil tersebut. Ia menilai timnya sudah bermain baik. Gara-gara serangan balik mereka pun harus tertunduk malu.

“Saat kami dalam performa terbaik, malah kebobolan lewat serangan balik. Kami harus lebih taktis. Mereka seharusnya tidak membuat kami (lengah) saat melakukan serangan balik,” beber Xavi.

Lebih lanjut pria asal Spanyol yang mengawali karier kepelatihan di Timur Tengah itu tak menyangka mereka bisa dihukum dengan cara seperti itu.

“Kami tahu tentang transisi mereka. Kami memiliki beberapa menit yang bagus. Itu hukuman yang terlalu keras untuk permainan yang kami mainkan. Ini adalah kekalahan yang menyakitkan. Di kandang. Kami dalam performa bagus, tapi begitulah sepakbola,” sambungnya.

Untuk itu, kekalahan ini menjadi pelajaran bagi mereka. Pihaknya akan memperhatikan serangan balik seperti terlihat dari pertandingan ini. Kecolongan sedikit bisa memberi mereka kekecewaan.

“Kami harus lebih mendominasi permainan. Kami harus menghentikan serangan balik. Ini adalah situasi yang harus kami kendalikan. Ini tidak adil. Ini adalah Barcelona yang kami inginkan, tetapi kami harus meningkatkannya. Kami harus lebih cerdas secara taktik,” pungkasnya.

Susunan Pemain Barcelona versus Real Betis:

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Sergino Dest, Ronald Araujo, Clement Lenglet (Luuk de Jong 82′), Jordi Alba; Pablo Gavira (Riqui Puig 36′), Sergio Busquets, Nico Gonzalez (Frenkie de Jong 59′); Abdessamad Ezzalzouli (Gerard Pique 82′), Memphis Depay, Philippe Coutinho (Ousmane Dembele 59′).

Real Betis: Rui Silva; Hector Bellerin, Marc Bartra, Victor Ruiz, Alex Moreno; Guido Rodriguez, Andres Guardado; Aitor Ruibal (Cristian Tello 63′), Sergio Canales, Juanmi (Borja Iglesias 81′); Willian Jose (William Carvalho 71′).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *