by

Andriy Shevchenko Jadi Pelatih Genoa

Andriy Shevchenko baru saja kembali ke Italia. Mantan pemain AC Milan itu mengemban tanggung jawab baru sebagai pelatih Genoa.

Penunjukkan Andriy Shevchenko untuk menggantikan Davide Ballardini yang dipecat beberapa hari sebelumnya.

Bagi Sheva ini menjadi pekerjaan pertamanya di level klub. Sebelumnya ia menjadi pelatih tim nasional Ukraina sejak 2016 lalu.

“Belajar di Italia sangat penting. Bisa bekerja dengan pelatih seperti Carlo Ancelotti, Alberto Zaccheroni, dan Cesare Maldini adalah pengalaman yang luar biasa. Datang untuk melatih di Italia berarti mampu menantang ahli taktik terbaik dan ini merupakan tantangan yang menarik bagi saya,” beber Sheva.

Hal lain yang membuat Sheva tertarik melatih Genoa adalah ide dan rencananya sejalan dengan yang dipikirkan dan diharapkan petinggi Genoa. Untuk itu ia pun tidak ragu untuk menerima pinangan klub Serie A itu.

“Saya terkesan Josh Wander (dari 777 Partners, pemilik baru Genoa) dan proyek Genoa untuk membawa saya kembali ke Italia, negara yang memiliki ikatan khusus dengan saya.”

Sheve juga menekankan bahwa Genoa adalah klub penting. Ia akan fokus untuk membantu tim tersebut agar tetap bertahan di kompetisi kasta teratas di Italia.

“Genoa adalah klub penting, ini adalah proyek yang saya pedulikan dan tujuan nomor satu bagi kami saat ini adalah berada di Serie A lagi musim depan. Ini adalah klub tertua di Italia dan itu berarti sesuatu. Saya berharap untuk tetap di sini untuk waktu yang lama.”

Sebelumnya pihak Genoa meresmikan perekrutan Sheva pada Minggu, 7 November 2021. Pria berusia 45 tahun itu sepakat dengan kontrak hingga Juni 2024.

“Andriy Shevchenko menjadi pelatih baru Genoa. Selamat datang, bos!,” demikian pernyataan resmi Genoa.

Sheva meninggalkan tugasnya di timnas Ukraina usai masa tugas usai. Mantan pemain depan Chelsea itu sempat menjadi asisten pelatih sejak Februari 2016 sebelum naik level menjadi pelatih utama timnas negaranya.

“Hari ini, kontrak saya bersama Asosiasi Sepakbola Ukraina (UAF) berakhir. Saya menghabiskan lima tahun bersama tim nasional,” begitu Shevchenko menulis di akun media sosialnya.

“Dengan kerja keras kami membuktikan kalau kami mampu memainkan sepakbola modern. Saya berterima kasih kepada presiden dan komite eksekutif UAF atas kesempatan untuk bekerja dengan tim nasional.”

“Saya berterima kasih kepada setiap pemain, setiap orang yang membantu dan terlibat di tim. Terima kasih banyak kepada semua fans atas dukungan dan kritiknya.”

Di akhir pernyataannya, Sheva mengatakan bahwa ia sudah berjuang untuk menunjukkan wajah timnas Ukraina yang bisa bersaing dan menampilkan permainan yang menarik.

“Bersama-sama kita menunjukkan bahwa sepakbola kita bisa kompetitif, produktif, dan menarik. Dengan keyakinan kepada Ukraina,” pungkas Sheva.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *