by

Ukir “Comeback” di Kandang Villarreal, Liverpool ke Final Liga Champions

Liverpool berhasil memetik kemenangan di leg kedua babak semifinal Liga Champions Eropa. Tampil di Estadio de la Ceramica pada Rabu, 4 mei 2022 dini hari WIB, The Reds menang dengan skor 3-2.

Liverpool lebih dahulu tertinggal dua gol di babak pertama. Namun, Si Merah sukses melakukan “comeback” di babak kedua dengan mencetak tiga gol.

Kemenangan ini memantapkan langkah Liverpool ke babak final dengan keunggulan agregat 5-2 setelah di leg pertama di Anfield menang dua gol tanpa balas.

Liverpool menunggu pemenang antara Manchester City kontra Real Madrid yang akan memainkan leg kedua di Estadio Santiago Bernabeu pada Kamis, 5 April 2022 dini hari WIB.

City memiliki modal kemenangan 4-3 di Stadion Etihad dan hanya butuh hasil imbang untuk menghadapi Liverpool di Paris pada akhir bulan nanti.

Sepasang gol Villarreal dicetak oleh Boulaye dia saat pertandingan baru berjalan tiga menit dan Francis Coquelin di menit ke-41.

Liverpool bangkit setelah turun minum. Fabinho membuka keran gol Si Merah di menit ke-62. Tendangan keras dari jarak dekat berhasil merobek gawang skuat Kapal Selam Kuning yang dijaga Geronimo Ruli.

Luis Diaz yang menjadi pemain pengganti di babak kedua berhasil menyamakan kedudukan usai menyambut umpan silang Trent Alexander-Arnold dengan tandukan yang melewati celah kaki sang penjaga gawang.

Sadio Mane akhirnya mengunci kemenangan tim tamu di menit ke-74. Ia berhasil mencuri bola dari Rulli dan menceploskan bola ke gawang kosong.

Kemenangan ini tentu tidak lepas dari peran sang pelatih, Jurgen Klopp. Virgil Van Dijk mengatakan sang pelatih membakar semangat mereka saat turun minum.

“‘Ayo bermain sepakbola. Bermainlah dengan cara Liverpool, tak jauh berbeda dengan cara kita bermain sepanjang musim ini’,” demikian Van Dijk meniru ucapan sang pelatih.

“‘Kuasai bolanya, banyaklah bergerak di belakang garis tinggi mereka. Dengan kecepatan yang kita miliki, kalian harus bisa mengkombinasikannya. Tapi jangan lupa perlihatkan daya juang hasrat ke final’.”

Pemain internasional Belanda itu mengatakan kata-kata manajer asal Jerman itu terbukti mampu membakar semangat dan membuat Liverpool berhasil mengejar ketertinggalan dan berbalik unggul.

“Dari situlah awalnya. Kami mendominasi dan bermain sedemikian baik di babak kedua,” tutup Van Dijk.

Susunan Pemain Villarreal versus Liverpool:

Villarreal: Geronimo Rulli; Juan Foyth, Raul Albiol (Serge Aurier 79′), Pau Torres, Pervis Estupinan (Manu Trigueros 79′); Giovani Lo Celso, Daniel Parejo, Etienne Capoue, Francis Coquelin (Alfonso Pedraza 69′); Gerard Moreno (Samuel Chukwueze 70′), Boulaye Dia (Paco Alcacer 81′).

Pelatih: Unai Emery

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (Jordan Henderson 81′); Naby Keita (Kostas Tsimikas 81′), Fabinho (James Milner 84′), Thiago (Curtis Jones 80′); Mohamed Salah, Sadio Mane, Diogo Jota (Luis Diaz 46′).

Pelatih: Jurgen Klopp

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *