by

Tekuk Palmeiras, Chelsea Juara Piala Dunia Antarklub 2021

Chelsea kembali meraih kesuksesan. Setelah menjadi juara Eropa, The Blues menegaskan diri sebagai klub terbaik di dunia dengan menjuaran Piala Dunia Antarklub 2021.

Menghadapi Palmeiras di Mohammed Bin Zayed Stadium pada Sabtu, 13 Februari 2022 malam WIB, The Blues menang dengan skor 2-1.

Tidak mudah bagi Chelsea untuk memenangi pertandingan. Kedua tim terlibat persaingan ketat sejak menit pertama. Babak pertama berakhir dengan skor kaca mata.

Chelsea lebih dahulu memimpin di awal babak kedua, tepatnya di menit ke-54. Berawal dari umpan Callum Hudson-Odoi, Lukaku yang berdiri di kotak penalti berhasil meneruskannya dengan tandukan mematikan tanpa bisa digagalkan kiper Palmeiras, Weverton.

Gol ini membuat kubu Palmeiras semakin meningkatkan intensitas serangan. Perjuangan Palmeiras akhirnya berbuah manis di menit ke-62. Thiago Silva melakukan handball di kotak terlarang. Usai melihat VAR, wasit kemudian menunjuk titik putih.

Raphael Veiga yang maju sebagai eksekutor tak membuang kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Ia dengan tenang menaklukkan Edouard Mendy, kiper yang baru saja membawa Senegal menjadi juara Piala Afrika 2021.

Skor imbang kemudian bertahan hingga waktu normal. Pertandingan pun perlanjut ke babak extra time. The Blues mendapat momentum untuk membalikkan keadaan.

Sepakan keras Cesar Azpilicueta dari jarak dekat mengenai tangan pemain Palmeiras. Setelah mengkonfirmasinya melalui VAR, wasit kemudian memberikan hadiah penalti.

Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Kai Havertz. Pemain asal Jerman berusia 22 tahun itu berhasil menggetarkan gawang Palmeiras. Sisa waktu tak cukup bagi Palmeiras untuk menyamakan kedudukan. Chelsea pun sukses menjadi juara.

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel tak kuasa menyembunyikan kegembiraannya usai timnya naik podium tertinggi. Ia mengatakan kesuksesan itu tidak lepas dari kontribusi segenap anggota tim.

“Saya adalah bagian dari tim dan saya senang memiliki kesempatan ini. Kami mengatakan sebelumnya di ruang ganti ‘ini kesempatan yang luar biasa’,” beber Tuchel.

Lebih lanjut pelatih asal Jerman itu mengatakan betapa berartinya gelar ini. Mereka mengimpikan gelar tersebut. Setelah ini, mereka masih ingin terus meraih gelar demi gelar. Gelar ini belum membuat mereka berpuas diri dan merasa cukup.

“Kami semua bermimpi memiliki final seperti ini. Tidak ada penyesalan. Masih ada banyak hal untuk dimenangkan dan kami tidak pernah berhenti,” pungkas mantan pelatih Paris Saint-Germain (PSG) itu.

Susunan Pemain Chelsea versus Palmeiras:

Chelsea (3-4-2-1): Edouard Mendy; Andreas Christensen (Sarr 90′), Thiago Silva, Antonio Rudiger; Cesar Azpilicueta, N’Golo Kante, Mateo Kovacic (Ziyech 90′), Callum Hudson-Odoi (Saul 77′); Mason Mount (Pulisic 31′), Kai Havertz; Romelu Lukaku (Werner 76′).

Pelatih: Thomas Tuchel

Palmeiras (4-2-3-1): Weverton; Marcos Rocha (Deyverson 118′), Gustavo Gomez, Luan Garcia, Joaquin Piquerez; Danilo, Ze Rafael (Jailson 60′); Dudu, Raphael Veiga (Atuesta 78′), Gustavo Scarpa; Rony (Wesley 77′).

Pelatih: Abel Fernando Moreira Ferreira

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *