by

Tanpa Messi, Koeman: Kami Lebih Sulit Cetak Gol

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman mengakui apa yang akan terjadi dengan tim tersebut setelah Lionel Messi hijrah. Salah satu kendala yang akan dihadapi adalah produktivitas gol.

Mantan pelatih timnas Belanda itu mengaku tanpa Messi urusan mencetak gol menjadi lebih berat. Selama ini Messi adalah andalan mereka untuk membobol gawang lawan. Tanpa Messi, demikian Koeman, mereka harus bekerja lebih keras.

“Tentu saja kami akan punya lebih banyak kesulitan mencetak gol. Messi mencetak 30 gol pada musim lalu. Jadi para pemain lain mesti lebih tajam dan mengambil langkah selanjutnya, dan ini lebih tentang tim sekarang ketimbang pemain individu.”

Lebih lanjut mantan juru taktik timnas Belanda itu mengharapkan sejumlah pemain andalannya yang sedang dibekap cedera bisa segera pulih. Dua di antaranya adalah Ansu Fati dan Philippe Coutinho.

“Tidak selalu seorang pemain, Anda harus melakukannya bersama-sama. Mudah-mudahan, mereka yang sedang cedera seperti Ansu Fati dan Coutinho, segera kembali dan kemudian kami toh masih memiliki sebuah skuad yang kuat. Kami akan bekerja lebih keras, kami akan melakukan yang lebih untuk mencapai ekspektasi orang-orang terhadap kami.”

Barcelona tanpa seorang Messi membuat perjuangan mereka untuk memenangi gelar dan meraih trofi menjadi semakin berat. Apalagi Barcelona merupakan klub yang sangat berorientasi pada prestasi.

“Tujuannya selalu memenangi trofi, menjadi juara, melaju bagus di Liga Champions. Klub seperti Barcelona mesti selalu memenangi sesuatu di setiap musim.

Koeman menegaskan situasi yang mereka hadapi setelah Messi pergi akan semain susah. Untuk itu ia sangat mengharapkan kerja sama tim.

“Kami tahu akan hal itu, dan orang-orang yang mengerti sepakbola akan memahaminya bahwa ini memang akan lebih sulit. Ini semua hanya tentang etos kerja dan tim, dan kami bisa membuat sebuah langkah maju.”

Dalam kesempatan berbeda, Koeman mengaku bahwa cepat atau lambat mereka harus bisa menjalani kompetisi tanpa Messi. Baginya ada saatnya untuk tutup buku dengan Messi.

“Kami harus memahami bahwa selalu ada akhir untuk seorang pemain. Anda harus tutup buku karena sekarang kami harus fokus di musim baru ini.”

Ia menilai Barcelona memiliki masa depan yang baik. Tim tersebut memiliki para pemain muda dan pemain baru yang bisa memberikan mereka prestasi di masa depan.

“Kami punya pemain-pemain baru dan kami harus melangkah ke depan, dan kami punya waktu untuk itu. Kami punya pemain-pemain muda di skuad musim ini, dan juga untuk masa depan.”

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *