by

Tanpa Messi, Barcelona Susah Payah ke Final Piala Super Spanyol

Barcelona harus bersusah payah melangkah ke babak final Piala Super Spanyol. Real Sociedad bukanlah lawan yang mudah ditaklukkan di babak semi final di Nuevo Arcangel pada Kamis, 14 Januari 2020 dini hari WIB. Untuk mendapatkan tiket final, Blaugrana harus berjuang hingga babak adu penalti.

Setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal, pemenang harus ditentukan melalui adu tos-tosan. Barca pun melangkah ke final usai menang dengan skor 3-2.

Barcelona lebih dulu memimpin saat laga berjalan 39 menit setelah Frenkie de Jong mencatatkan namanya di papan skor. Namun keunggulan Barcelona hanya bertahan hingga menit ke 51 setelah Mikel Oyarzabal menggetarkan gawang Marc Andre Ter Stegen.

Di babak adu penalti, Frenkie de Jong dan Antoine Griezmann gagal menjalankan tugasnya. Beruntung tiga penendang tuan rumah pun bernasib serupa. Riqui Puig yang menjadi penendang terakhir berhasil mengantar timnya ke babak pamungkas.

Selanjutnya Barcelona akan menghadapi pemenang antara Real Madrid versus Athletic Bilbao. Kedua tim akan saling berhadapan pada Jumat, 15 Januari 2021 dini hari WIB.

“Mudah-mudahan (saat ditanya apakah Messi akan pulih dalam waktu dekat). Saya tidak tahu apakah ia bisa bermain atau tidak di final. Kami masih harus menunggu,” beber Ronald Koeman, pelatih Barcelona terkait absennya sang kapten, Lionel Messi di laga ini.

Sementara itu Ter Stegen tak ambil pusing dengan kegagalan dua pemain Barcelona saat adu tendangan penalti. Kiper asal Jerman ini justru tampil apik di bawah mistar gawang dengan menggagalkan sepakan penalti Jon Bautista dan Mikel Oyarzabal.

“Saya sudah yakin kami akan menang. Sebelum bermain saya sudah mengatakan kepada para pemain lain bahwa kami harus berkonsentrasi dan 100 persen yakin,” beber Ter Stegen.

“Saya bilang ke para pemain lain bahwa tidak masalah seandainya ada penalti yang gagal. Namun, saya bisa melihat rekan-rekan saya sangat fokus.”

Susunan pemain
Real Sociedad (4-3-3): Alex Remiro; Andoni Gorosabel (91′ Joseba Zaldua, 120′ Jon Bautista), Igor Zubeldia, Robin Le Normand, Nacho Monreal; Jon Guridi (81′ Ander Barrenetxea), Ander Guevara (106′ Martin Zubimendi), Mikel Merino; Portu (103′ Adnan Januzaj), Alexander Isak (91′ Miralem Pjanic), Mikel Oyarzabal.

Pelatih: Imanol Alguacil
Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Oscar Mingueza (114′ Junior Firpo), Ronald Araujo, Clement Lenglet, Jordi Alba; Frenkie de Jong, Sergio Busquets (91′ Riqui Puig), Pedri (91′ Miralem Pjanic); Ousmane Dembele, Martin Braithwaite (78′ Trincao), Antoine Griezmann.
Pelatih: Ronald Koeman

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *