by

Sukses Manfaatkan Laga Kandang, City Bekuk Porto 3-1

Manchester City sukses memanfaatkan laga kandang di matchday pertama Grup C Liga Champions Eropa. Bermain di Etihad Stadium pada Kamis, 22 Oktober 2020 dini hari WIB, The Citizen sukses memetik kemenangan dengan skor 3-1.

Tiga gol tuan rumah dicetak oleh Sergio Aguero dari titik putih di menit ke-20, Iklay Guendogan di menit ke-65, dan Ferran Torres di menit ke-73. Sementara itu gol tunggal tim tamu dicetak oleh Luis Diaz di menit ke-14.

Tiga poin pertama ini mengantar Manchester Biru ke posisi teratas Grup C. City sementara ini unggul selisih gol dari Olumpiacos yang berhasil mengalahkan Marseille. Sementara itu Porto harus mendekam di posisi terbawah.

Bermain di kandang sendiri membuat City begitu percaya diri. Sejak menit awal tuan rumah mampu menguasai jalannya pertandingan. Namun demikian tuan rumah dikejutkan oleh aksi Luis Diaz di menit ke-14. Aksi solo run pemain tersebut berujung gol.

Namun demikian City cepat bereaksi. Kesalahan Pepe terhadap Raheem Sterling di kotak terlarang berujung penalti. Sebagai eksekutor, Aguero berhasil menjalankan tugas dengan baik. Skor imbang 1-1 mengantar kedua tim ke ruang ganti.

City semakin menegaskan dominasinya di babak kedua. Berturut-turut Guendogan dan Torres mencetak gol untuk mengunci kemenangan timnya menjadi 3-1.

“Sebenarnya, setiap tahun kami selalu dekat untuk menjadi juara Liga Champions. Tapi di saat bersamaan, kami selalu membuat kesalahan,” ungkap Pep Guardiola.

Lebih lanjut pelatih City itu mengatakan timnya selalu dibayangi ketidakberuntungan. Hal ini dipengaruhi juga oleh kesalahan-kesalahan yang kerap mereka lakukan.

“Ini bukan masalah mental. Hanya saja, soal apakah kami benar-benar fokus dan tidak lagi membuat kesalahan. Kesalahan yang kami buat, menjadikan kami memang belum pantas menjadi juara,” sambungnya.

Kemenangan City dibayar mahal dengan cedera salah satu andalannya, Fernandinho. Pemain asal Brasil itu harus absen dalam empat hingga enam pekan ke depan.

“Kabar buruk. Saya pikir absen empat sampai enam pekan. Ya, ini adalah pukulan besar buat kami dengan banyaknya pertandingan dan tidak ada orang. Tapi begitulah adanya.”

Sementara itu beberapa andalan City seperti Kevin De Bruyne dan Aimeric Laporte akan segera merumput. Keduanya diperkirakan akan segera berlatih pada tengah pekan ini.

“Saya kira Kevin dan Laporte akan mulai latihan besok, tapi saya tidak tahu bagaimana mereka besok dan hari berikutnya, jadi kita lihat saja nanti. Sayangnya ada yang kembali tapi sekarang kami kehilangan pemain lain.”

Susunan pemain Manchester City versus Porto:

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Eric Garcia, Joao Cancelo; Bernardo Silva, Rodri (85′ Fernandinho) (90′ J Stones), Ilkay Gundogan (68′ Phil Foden); Riyad Mahrez, Sergio Aguero (68′ Ferran Torres), Raheem Sterling.

Pelatih: Pep Guardiola

Porto (3-4-2-1): Agustin Marchesin; Chancel Mbemba, Pepe, Malang Sarr (80′ Evanilson); Jesus Corona (77′ Nanu), Sergio Oliveira, Mateus Uribe, Zaidu Sanusi (77′ Shoya Nakajima); Fabio Vieira (77′ Mehdi Taremi), Luis Diaz (55′ Wilson Manafa); Moussa Marega.

Pelatih: Sergio Conceiçao

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *