by

Singkirkan Kamerun, Mesir Jumpa Senegal di Final Piala Afrika 2021

Mesir akhirnya lolos ke partai final Piala Afrika 2021. Mohamed Salah dan kawan-kawan mencatatkan kemenangan dramatis atas tuan rumah Kamerun di babak semifinal yang digelar di Olembe Stadium, Yaounde pada Jumat, 4 Februari 2022 dini hari WIB.

Kedua tim bermain imbang tanpa gol sepanjang waktu normal hingga babak tambahan waktu. Duel pun berlanjut ke babak adu penalti.

Malang nasib tuan rumah. Dalam drama adu tos-tosan mereka tak mampu memenanginya. Kamerun kalah dengan skor 1-3.

Kiper Mesir, Mohamed Aou Gabal tampil impresif. Ia tidak hanya melakukan sejumlah penyelamatan gemilang di waktu normal dan di babak extra time. Ia juga tampil sebagai pahlawan di babak adu penalti.

Mohamed Aou Gabal mampu menggagalkan dua tendangan pemain tuan rumah. Sepakan Clinton N’Jie yang melebar dari gawang akhirnya menentukan langkah Mesir ke babak pamungkas.

Selanjutnya Mesir akan menghadapi Senegal di partai final. Senegal ke partai final usai menyingkirkan tim kuda hitam, Burkina Faso.

Pertandingan final ini akan berlangsung menarik. Dua tim terbaik di kompetisi ini akan saling beradu menjadi juara. Selain itu publik akan melihat dua striker Liverpool beraksi untuk membela masing-masing tim yakni Salah di pihak Mesir dan Sadio Mane di sisi Senegal.

Pemain Kamerun, Vincent Aboubakar mengatakan dirinya tak terlalu terkesan dengan Salah. Ia tak menganggap Salah sebagai pemain berbahaya.

“Saya tidak begitu terkesan dengan dia. Saya katakan itu benar adanya karena saya orangnya jujur dan begitulah saya melihatnya,” ujar Vincent Aboubakar.

“Jika dia membuat saya terkesan, saya akan bilang begitu. Tapi, nyatanya tidak. Dia pemain bagus, mencetak banyak gol, tapi dia tidak banyak berbuat apa-apa sepanjang laga,” sambung striker yang yang bermain di Arab Saudi bersama Al Nassr itu.

Aboubakar tak menampik penampilan fenomenal Salah di Liga Primer Inggris. Namun, ia tak sepakat bila Salah disandingkan dengan striker top lainnya seperti Kylian Mbappe.

“Memang betul dia tampil bagus di Premier League, karena dia sudah bermain lama untuk timnya. Dia pemain bagus tapi tidak selevel, katakanlah Mbappe.”

Susunan Pemain Kamerun versus Mesir:

Kamerun: A. Onana; Ngadeu, Castelleto (Moukoudi 99′), Tolo; Fai, Gouet (Lea Siliki 80′), Anguissa, Hongla (J. Onana 108′); Ngamaleu (N’Jie 86′), Aboubakar, Toko Ekambi (Bassogog 98′).

Mesir: Gabaski; Kamal (Ashour 85′), Abdelmonem, Hamdy, Fotouh; Elneny (Lasheen 86′), Fathi, Al Soleya (Trezeguet 46′); Salah, Mostafa Mohamed (Sherif 106′ (Zizo 118′)), Marmoush (Sobhi 63′).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *