by

Ronald Koeman Dipertahankan, Begini Reaksi Guardiola

Teka-teki terkait masa depan Ronald Koeman bersama Barcelona terjawab sudah. Pelatih asal Belanda itu resmi kembali mendapat kepercayaan untuk menangani Lionel Messi dan kawan-kawan di musim depan.

Sebelumnya mantan pelatih tim nasional Belanda itu sempat dikabarkan akan kehilangan posisi tersebut menyusul kegagalan Barcelona menjadi juara La Liga musim ini. Namun rumor tersebut ternyata tak menjadi kenyataan.

Koeman mendapat kepercayaan untuk menangani Barcelona semusim lagi. Kabar ini pun mengundang komentar mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola. Guardiola adalah salah satu pelatih tersuskes dalam sejarah klub asal Catalonia itu.

“Dia teman saya. Pelatih selalu ada di posisi yang lebih lemah ketika kami tidak menang dan lebih kuat ketika kami menang,” komentar Guardiola.

Lebih lanjut mantan pelatih Bayern Muenchen itu mengatakan tekanan menjadi pelatih Barca jauh lebih besar dibanding menangani tim-tim lain.

“Saya sudah melatih tiga klub, tapi tidak ada yang menandingi Barcelona atau Real Madrid, di mana konsekuensinya jauh lebih besar, di mana segalanya lebih sulit untuk dikendalikan secara pribadi.”

Guardiola mengaku rutin berkomunikasi dengan Koeman. Guardiola tetap optimis dengan Koeman yang dinilai memiliki mental dan pengalaman yang mumpuni.

“Saya membicarakan ini dengan Ronald, kami tidak terlindungi dari ini. Kalau Anda tidak menginginkan ini, tidak mendedikasikan diri, tapi dia kuat dan punya banyak pengalaman.”

Guardiola menegaskan Koeman adalah sosok yang tepat untuk menangani Blaugrana musim depan. Ia pun senang atas kepercayaan yang diberikan presiden Joan Laporta kepada Koeman.

“Dia adalah pelatih yang ideal untuk musim depan. Saya sangat senang dan presiden (Joan Laporta) yakin.”

Ia mengatakan saat ini situasi tidak ideal. Hampir semua tim mengalami tantangan berat bertanding dan bersaing di tengan pandemi Covid-19.

“Ini adalah tahun yang sulit untuk semuanya, dan Ronald pantas mendapat kesempatan satu tahun lagi, dengan kehadiran fans di stadion. Di samping itu, tahun kedua selalu lebih baik.”

Sebelumnya Koeman dikabarkan terancam dari posisi pelatih Barcelona. Sejumlah nama pelatih beken pun mengemuka. Salah satunya adalah Guardiola. Saat itu Guardiola mengatakan kepercayaan yang diberikan kepada Koeman harus disertai dengan keyakinan.

“Yang penting adalah mereka yakin, bahwa tetap bersama adalah pilihan terbaik dan saya tidak ragu akan itu,” kata Guardiola, seperti dilansir Marca.

Musim lalu Barcelona gagal menjuarai La Liga. Posisi teratas di akhir musim detempati Atletico Madrid yang keluar sebagai juara. Sementara itu Real Madrid finis di posisi kedua.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *