by

Neymar Cetak Gol, Brasil Cukur Uruguay di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Tim nasional Brasil memetik hasil positif dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan. Menghadapi timnas Uruguay di Arena da Amazonia, Manaus, Jumat, 15 Oktober 2021 pagi WIB, Selecao menang dengan skor telak, 4-2.

Empag gol Tim Samba disumbangkan oleh Neymar, Raphinha, dan Gabriel Barbosa. Rapinha mencetak brace alias dua gol. Sementara itu, satu-satunya gol tim tamu dicetak oleh Luis Suarez.

Kemenangan ini memberi Brasil tiga poin. Koleksi poin Brasil menjadi 31 dan semakin kokoh di puncak klasemen sementara. Sedangkan Uruguay tertahan di posisi kelima dengan tabungan total 16 poin.

Brasil yang bermain di kandang sendiri langsung menekan sejak menit awal. Menit ke-11, Neymar memecah kebuntuan usai menuntaskan umpan terukur Fred.

Tak butuh waktu lama bagi Brasil untuk menambah keunggulan. Delapan menit kemudian, giliran Raphinha yang mencatatkan namanya di papan skor, menuntaskan bola muntah hasil sepakan Neymar yang sempat diblok kiper Uruguay.

Brasil menambah sepasang gol di paruh kedua. Rapinha mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan Neymar.

Uruguay sempat memperkecil ketertinggalan di menit ke-71. Suarez sukses mengeksekusi tendangan bebas yang tak bisa dibendung Ederson Moraes.

Delapan menit berselang, Brasil berhasil menambah gol. Gabriel Barbosa sukses memperdaya Fernando Muslera memanfaatkan umpan Neymar.

Para pemain Brasil ramai-ramai merespon keputusan Neymar yang akan pensiun dari tim nasional setelah Piala Dunia 2022. Semuanya meminta bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu untuk bertahan membela Selecao.

“Kami ingin dirinya bersama kami untuk bertahun-tahun lagi. Tapi sulit untuk mengetahui isi kepala orang lain. Orang terkadang menghadapi tekanan yang amat berat. Tak cuma Neymar tapi juga (Lionel) Messi, Cristiano Ronaldo,” ungkap Fred.

Lebih lanjut Fred menegaskan harapannya untuk tetap melihat Neymar berseragam tim nasional untuk jangka waktu yang lama.

Pemain senior Brasil, Thiago Silva pun turut berkomentar. Bek Chelsea itu mengatakan beban seorang pemain seperti Neymar tidak ringan.

“Kita acapkali lupa dengan apa yang sudah ia lakukan di lapangan dan justru fokus ke hal yang tidak penting. Ia jadi punya tekanan besar. Aku harap ia tak kehilangan rasa ceria saat main bola, ia pemuda yang spesial. Saat gembira dan melakukan apa yang ia sukai, ia selalu bisa tampil sesuai ekspektasi dan main sebaik yang biasa ia tampilkan. Itu berimbas sangat baik buat tim,” ucapnya.

Silva pun menawarkan bantuan bila mantan pemain Barcelona itu butuh tempat mengadu

Susunan Pemain Brasil versus Uruguay:

Brasil: Ederson; Alex Sandro, Thiago Silva, Lucas Verissimo, Emerson; Lucas Paqueta (Antony 62′), Fred (Edenilson 88′), Fabinho (Douglas Luiz 72′), Raphinha (Everton Ribeiro 72′); Neymar Jr, Gabriel Jesus (Gabriel Barbosa 62′).

Uruguay: Fernando Muslera; Nahitan Nandez (Martin Caceres 46′), Sebastian Coates, Diego Godin, Matias Vina (Joaquin Piquerez 46′); Federico Valverde, Matias Vecino (Facundo Torres 66′), Rodrigo Bentancur (Fernando Gorriaran 71′), Nicolas De La Cruz (Lucas Torreira 46′); Luis Suarez, Edinson Cavani.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *