by

Neuer Harap Semua Masyarakat Patuhi Aturan agar Bundesliga Berlanjut Lagi

-Bundes Liga-37 views

Saat ini para penggemar Bundesliga Jerman sedang menanti nasib kompetisi tersebut. Berbagai spekulasi pun berhembus mulai dari kemungkinan ditangguhkan permanen hingga dilanjutkan lagi.

Namun demikian kiper Bayern Muenchen, Manuel Neuer memiliki pandangan terkait nasib kompetisi tersebut musim ini. Menurut kiper asal Jerman itu, lanjut atau tidaknya Bundesliga ditentukan oleh semua masyarakat. Menurutnya, bila semua elemen masyarakat mematuhi setiap peraturan dan protokol yang ada maka peluang besar bagi Bundesliga untuk berlanjut lagi.

“Saya bicara atas nama sepakbola dan juga pertandingannya, terkait kemungkinan adanya izin untuk menggelar liga lagi. Jika memang itu memungkinkan, maka keputusan itu akan berefek besar ke seluruh sepakbola Jerman, mulai dari level amatir dan sepakbola muda – dan juga ke seluruh bidang olahraga,” beber Neuer.

Lebih lanjut kiper yang malang melintang di tim nasional Jerman itu mengatakan kompetisi Bundesliga sedang dalam sorotan. Apapun keputusan yang diambil akan menjadikan Bundesliga sebagai sasaran perhatian. Untuk itu ia meminta semua elemen untuk mengikuti setiap ketentuan dan proses yang ada.

“Bahkan dari negara-negara Eropa lainnya, dan tentunya di seluruh dunia, semua akan melihat kami. Ini jadi tanggung jawab besar untuk kami, yang harus diperhatikan betul dengan seksama. Kami harus sadar bahwa ini juga penting untuk kami saat ini,” lanjutnya.

Baginya ada hal penting yang menjadi perhatian bersama yakni kesehatan dan keselamatan masyarakat. Keputusan saat ini tidak lebih pada faktor ada tidaknya kompetisi tetapi lebih pada kepentingan yang lebih besar.

“Sebagai contoh, kami adalah bagian dari masyarakat. Kami hanya ingin bermain sepakbola, tapi itu saja tidak cukup saat ini,” tegasnya.

Saat ini kompetisi sepak bola di Eropa sedang terhenti. Tidak terkecuali Bundesliga Jerman. Belum diketahui pasti bagaimana nasib kompetisi tersebut musim ini. Ada yang memprediksi Bundesliga akan berakhir seperti Eredivisie Belanda atau Ligue 1 Prancis yang sudah dinyatakan berakhir.

Di sisi lain, ada yang berharap kompetisi dilanjutkan lagi. Bila sampai kompetisi dihentikan maka akan timbul kerumitan terkait penentuan juara Bundesliga musim ini. Apakah pemuncak klasemen sementara otomatis dianugerahi trofi juara?

Lantas, bagaimana dengan penentuan promosi dan degradasi juga tim-tim yang akan tampil di pentas Eropa musim depan? Apakah tidak akan ada promosi dan degradasi musim ini? Atau bakal ada kebijakan khusus terkait hal tersebut?

Tentu segala sesuatu akan diputuskan berdasarkan berbagai pertimbangan yang matang. Seperti apa nasib Bundesliga dan segala konsekuensinya, kita tunggu saja.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed