by

Menang 4-2 di Kandang Napoli, Barcelona ke 16 Besar Liga Europa

Barcelona akhirnya mampu melewati hadangan Napoli di play-off Liga Europa 2021/2022. Walau bertindak sebagai tim tamu, Blaugrana sukses membungkam tuan rumah di leg kedua di Stadio Diego Armando Maradona pada Jumat, 25 Februari 2022 dini hari WIB.

Barca menang dengan skor 4-2. Empat gol tim tamu dicetak oleh Jordi Alba, Frenkie de Jong, Gerard Pique, dan Pierre-Emerick Aubameyang. Sementara itu sepasang gol tuan rumah disumbangkan oleh Lorenzo Insigne dari titik penalti dan Matteo Politano.

Kemenangan ini mengantar Barcelona ke babak 16 besar dengan keunggulan agregat 5-3, setelah bermain imbang 1-1 di Camp Nou di leg pertama beberapa waktu lalu.

Barcelona tampil dominan di pertandingan ini. Tim tamu yang kini ditangani Xavi Hernandez itu bahkan mampu memimpin 3-1 di babak pertama.

Barcelona terus mengendalikan permainan setelah jeda. Tim tamu sukses memperlebar keunggulan melalui Aubameyang. Tuan rumah sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 2-4. Namun, hingga laga usai Partenopei gagal menambah gol.

Xavi Hernandez angkat topi dengan penampilan timnya. Ia secara khusus memberikan kredit kepada Frenkie de Jong.

“Dia sangat profesional dan menuntut pada dirinya sendiri. Sangat kritis pada dirinya sendiri,” beber Xavi.

Pelatih asal Spanyol itu menilai gelandang asal Belanda itu sudah tahu apa yang harus ia lakukan di lapangan pertandingan.

“Dia sudah mengerti apa yang diinginkan dari dirinya, yang dia tahu bagaimana untuk menciptakan superioritas, bahwa dia membagi dalam permainan, bahwa dia mencapai area, dan menemukan pemain yang bebas.”

“Dia tak mengerti itu dan sekarang dia sudah memahami itu,” tegas sosok yang mengawali karier kepelatihan di Timur Tengah itu.

Pique yang mencetak satu gol di laga ini mengakui timnya sudah mendapatkan kembali performa terbaik.

“Kami memang tidak tampil di kompetisi Eropa yang seharusnya diikuti oleh klub seperti Barcelona. Tapi kami kini sudah kembali ke performa terbaik kami, mungkin kami memang harus terpuruk dulu.”

Pemain asal Spanyol itu mengatakan kemenangan ini memberikan peringatan kepada tim-tim lain bahwa Barcelona pelan-pelan kembali ke jalur semestinya.

“Ini jadi alarm untuk semua tim, untuk kami, dan juga orang-orang di luar sana, bahwa pelan-pelan kami bangkit. Kami di jalur yang benar,” tegas eks bek Manchester United itu.

Susunan Pemain Napoli versus Barcelona:

Napoli: Alex Meret; Giovanni Di Lorenzo, Amir Rrahmani, Kalidou Koulibaly, Mario Rui; Diego Demme (Matteo Politano 46′), Fabian Ruiz (Faouzi Ghoulam 74′); Eljif Elmas, Piotr Zielinski (Dries Mertens 74′), Lorenzo Insigne (Andrea Petagna 82′); Victor Osimhen (Adam Ounas 74′).

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Sergino Dest, Ronald Araujo, Gerard Pique, Jordi Alba; Pedri (Nico Gonzalez 75′), Sergio Busquets (Gavi 62′), Frenkie de Jong; Adama Traore (Luuk De Jong 75′), Pierre-Emerick Aubameyang (Ousmane Dembele 75′), Ferran Torres (Riqui Puig 82′).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *