by

Liverpool Terus Pepet Manchester City di Puncak Klasemen

Liverpool terus menempel Manchester City di puncak klasemen Liga Primer Inggris. Kemenangan atas Newcastle United di pekan ke-17 Liga Primer Inggris membuat jarak di antara kedua tim menjadi satu poin.

Liverpool yang bermain di kandang sendiri di Stadion Anfielad pada Jumat, 17 Desember 2021 dini hari WIB memetik kemenangan dengan skor 3-1.

Tiga gol tuan rumah dicetak oleh Diogo Jota di menit ke-21, Mohamed Salah di menit ke-25, dan Trent Alexander-Arnold di menit ke-87. Sementara itu, tim tamu lebih dahulu memimpin di menit ketujuh melalui Jonjo Shelvey.

Liverpool kini mengemas total 40 poin dari 17 pertandingan dan mengamankan posisi kedua di belakang The Citizen. Urutan ketiga diduduki Chelsea dengan 37 angka.

Liverpool kecolongan di awal pertandingan tersebab blunder Thiago. Shelvey berdiri dalam posisi bebas dan bisa melepaskan tembakan dari luar kotak penalty tanpa bisa digagalkan Alisson Becker.

Liverpool sukses menyamakan kedudukan di menit ke-21. Berawal dari kemelut tendangan sudut, Jota menyambut umpan silang Sadio Mane dengan tandukan. Bola sempat ditepis kiper tim tamu namun kembali memantul ke hadapan pemain muda Portugal itu. Jota kemudian berhasil dalam percobaan kedua.

Liverpool tak butuh waktu lama untuk berbalik unggul. Kali ini sepakan Mane sempat diblok Dubravka sebelum disambut Salah.

Liverpool kemudian mengunci kemenangan jelang bubaran. Umpan akurat Roberto Firmino disambut Alexander-Arnold dengan tendangan keras tanpa bisa digagalkan kiper Newcastle.

Menitk ke-87, Liverpool akhirnya memberikan pukulan pemungkas. Umpan Firmino akurat untuk disambug Alexander-Arnold dengan sepakan roket. Gol! Liverpool 3-1 Newcastle.

Bagi Newcastle pulang tanpa membawa poin membuat posisi mereka semakin terpuruk di papan bawah. Tim kaya baru itu justru terjerembab di zona degradasi dengan raihan total 10 poin dari 17 laga yang sudah dijalani.

Usai pertandingan kubu Newcastle memprotes gol Diogo Jota. Namun demikian, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp enggan menanggapinya terlalu jauh.

“Saya tidak melihatnya. Kedua pemain sama-sama bangkit belakangan. Saya tak mengatakannya kejadiannya seperti ini ya, tapi sungguh cukup sering para pemain ambruk di kotak penalti ketika mereka kalah dalam duel, tapi entahlah, saya tak bisa melihat kejadiannya saat itu.”

“Asisten wasit di sisi saya memberi tahu semuanya baik-baik saja, bahwa kedua pemain dari tim yang sama menyambut bola bersamaan,” pungkas pelatih asal Jerman itu.

Susunan pemain Liverpool versus Newcastle United:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Ibrahima Konate, Andrew Robertson; Alex Oxlade-Chamberlain (74′ Naby Keita), Jordan Henderson, Thiago; Mohamed Salah (74′ Roberto Firmino), Diogo Jota, Sadio Mane.

Newcastle United (4-4-2): Martin Dubravka; Javier Manquillo, Fabian Schar, Jamaal Lascelles, Jamal Lewis (15′ Matt Ritchie); Jacob Murphy, Jonjo Shelvey, Isaac Hayden, Ryan Fraser; Allan Saint-Maximin (79′ Callum Wilson), Joelinton.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *