by

Kontestan Babak 16 Besar Liga Europa: Lazio dan Dortmund Tersingkir

Pertandingan leg kedua playo-ff babak gugur Liga Europa sudah berakhir. Sebanyak 16 tim sudah dipastikan lolos ke babak selanjutnya. Sebaliknya, jumlah tim yang sama harus angkat kaki.

Kejutan terjadi dalam pertarungan antara Borussia Dortmund kontra Rangers. Dortmund harus takluk dari klub asal Skotlandia.

Setelah takluk 2-4 di leg pertama di kandang sendiri, Dortmund gagal bangkit di leg kedua. Rangers mampu mengimbangi Die Borussen di laga menentukan dengan skor 2-2. Dengan demikian Rangers berhak melaju dengan keunggulan agregat 6-4.

Nasib apes juga dialami Lazio. Klub asal Italia itu harus memberikan tiket kepada Porto. Hasil imbang 2-2 di leg kedua tak mampu menyelamatkan mereka dari kekalahan. Porto berhak ke babak berikutnya dengan keunggulan agregat 4-3.

Hasil positif diraih Barcelona yang mampu menyingkirkan Napoli dengan agregat 5-3. Kemenangan telak 4-2 di leg kedua di markas Napoli memastikan langkah Blaugrana ke fase selanjutnya.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez sangat senang dengan hasil tersebut. Ia menilai timnya semakin berkembang usai mengalami saat-saat sulit.

“Kami memperbaiki performa kami dan harus memaksimalkan ruang yang terbuka,” beber Xavi.

Mantan pemain timnas Spanyol dan Barcelona itu mengakui kemenangan ini tidak lepas dari strategi tepat yang mereka pilih.

“Ini adalah taktik yang ingin kami ikuti, itulah yang kami cari dan kami mendapatkannya. Para pemain dan fans pantas dapat kemenangan ini. Kami puas, tapi harus tetap rendah hati.”

Bagi Xavi kemenangan ini mempertebal kepercayaan diri mereka. Ia menilai ini adalah pertandingan terbaik sejak ia menjadi pelatih Barcelona.

“Ini adalah kemenangan yang memberi kami kepercayaan diri. Kami mendominasi selama 90 menit dan ini adalah kali pertama kami benar-benar melakukannya sejak saya melatih di sini.”

“Kami menghadapi Napoli yang biasanya tidak kebobolan banyak, yang lebih cocok di Liga Champions dan kandidat scudetto,” pungkasnya.

Berikut hasil leg II play-off fase gugur Liga Europa:

Dinamo Zagreb 1-0 Sevilla
Real Sociedad 1-3 RB Leipzig
Olympiakos 0-3 Atalanta
Lazio 2-2 Porto
Napoli 2-4 Barcelona
Real Betis 0-0 Zenit
Rangers 2-2 Borussia Dortmund
Sporting Braga 2-0 Sheriff (Braga menang 3-2 adu penalti)

Tim-tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Europa:

West Ham United
Lyon
Monaco
Bayer Leverkusen
Eintracht Frankfurt
Spartak Moskow
Red Star Belgrade
Galatasaray
RB Leipzig
Atalanta
Braga
Porto
Rangers
Barcelona
Real Betis
Sevilla

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *