by

Hadapi West Ham Spurs Sia-siakan Keunggulan 3 Gol

Tottenham Hotspur harus menguburkan harapan yang sudah di depan mata untuk meraih poin penuh di pekan kelima Liga Primer Inggris. Tim berjuluk The Lyliwhites itu sejatinya sudah berpeluang besar memetik kemenangan saat menghadapi West Ham United di Tottenham Hotspur Stadium pada Minggu, 18 Oktober 2020. Sayangnya keunggulan di depan mata itu sirna setelah tim tamu mampu memaksa hasil imbang, 3-3.

Spurs mampu memimpin tiga gol lebih dulu di babak pertama setelah Son Heung-min dan Harry Kane membawa tuan rumah memimpin. Pemain yang disebutkan terakhir mencetak brace alias dua gol.

Namun Spurs tak mampu menjaga keunggulan tersebut di paruh kedua. Tim tamu perlahan-lahan mampu bangkit mengejar ketertinggalan dan memaksa hasil imbang setelah Fabian Balbuena dan Manuel Lanzini mencetak gol ke gawang Hugo Lloris dan Davinzon Sanchez mencetak gol bunuh diri.

Kiprah West Ham di laga ini pun mendapat pujian dari pelatih Spurs, Jose Mourinho. Mantan pelatih Real Madrid, Chelsea, dan Manchester United itu mengatakan tim tamu berhasil mengejar meski dalam kedudukan tertinggal tiga gol.

“Mudah bagi saya memuji West Ham. Mereka sudah ketinggalan tiga gol dan kami mengontrol permainan. Mereka kemudian mencetak gol-gol balasan di akhir pertandingan dan mereka sangat beruntung,” beber Mourinho.

“Kami mungkin tidak beruntung, tapi kami layak menerima hasil ini,” sambungnya.

Pria asal Portugal itu mengatakan secara keseluruhan timnya seharusnya mampu mendapatkan kemenangan di laga itu. Namun hal tersebut tak terwujud setelah tim tamu mampu mencetak tiga gol di paruh kedua.

“Kami harusnya sudah mengantongi kemenangan, jadi hilang dua poin. Di babak kedua mereka tampil menyerang dengan garis pertahanan tinggi dan kami punya beberapa kesempatan. Kami seharusnya memanfaatkan itu untuk mendapat kemenangan,” sambungnya.

Meski membuang kemenangan di depan mata, Mourinho tetap berpikir positif. Ia pun tak mau mencari kambing hitam, apalagi menyalahkan pemain. Ia menegaskan hasil tersebut memberikan pelajaran kepada mereka sebagai sebuah tim.

“Hasil pertandingan ini adalah pelajaran untuk tim, bukan untuk individu pemain.  Sangat mudah bagi saya untuk memuji West Ham. Mereka hanya harus percaya untuk mengejar ketertinggalan dan melakukannya,” tegas mantan juru taktik FC Porto dan Inter Milan itu.

Susunan Pemain Tottenham Hotspur versus West Ham United:

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris; Serge Aurier, Davinson Sanchez, Toby Alderweireld, Sergio Reguilon; Moussa Sissoko, Pierre-Emile Hojbjerg, Tanguy Ndombele (Harry Winks 73′); Steven Bergwijn (Gareth Bale 72′), Harry Kane, Son Heung-min (Lucas Moura 80′).

Pelatih: Jose Mourinho

West Ham United: Lukasz Fabianski; Vladimir Coufal, Fabian Balbuena, Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell; Arthur Masuaku (Robert Snodgrass 90′); Jarrod Bowen, Tomas Soucek, Declan Rice, Pablo Fornals (Manuel Lanzini 77′); Michail Antonio (Andriy Yarmolenko 77′).

Pelatih: David Moyes

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *