by

Eksperimen De Boer Berhasil, Belanda Tekuk Bosnia-Herzegovina

Tim nasional Belanda berhasil memetik kemenangan di matchday kelima UEFA Nations League. Sama-sama menghuni Ligue A Grup 1, Belanda berhasil mengatasi perlawanan Bosnia-Herzegovina di Johan Cruijff Arena pada Senin, 16 November 2020 dini hari WIB. Der Oranje menang dengan skor 3-1.

Tiga gol belanda dicetak oleh Georginio Wijnaldum dan Memphis Depay. Pemain yang disebutkan pertama mencetak brace alias dua gol. Sementara itu gol tunggal tim tamu dilesatkan oleh Smail Prevljak.

Kemenangan Belanda ini memberikan sejumlah makna. Di satu sisi, kemenangan ini menandai berhasilnya eksperimen yang dilakukan sang pelatih, Frank de Boer dengan merotasi posisi sejumlah pemain. Salah satunya adalah Wijnaldum yang biasanya bertindak sebagai gelandang bertahan, termasuk di level klub bersama Liverpool.

Namun di laga ini, Wijnaldum deorbit untuk memainkan posisi sebagai nomor 10. Buktinya pemain itu mampu mencetak sepasang gol.

Georginio Wijnaldum misalnya. Gelandang Liverpool itu biasanya bertugas sebagai gelandang bertahan dan memiliki peran untuk menghentikan pergerakan lawan atau merebut bola. Akan tetapi, di pertandingan semalam, Wijnaldum diberi peran sebagai nomor 10.

Di sisi lain, kemenangan ini membuat Belanda berhak atas tiga poin. Tambahan tiga angka itu membuat Belanda kini mengemas total delapan poin. Belanda kini berada di urutan kedua, tertinggal satu angka dari Italia yang beberapa jam setelah itu sukses mengatasi perlawanan Polandia. Sementara itu Bosnia semakin terpuruk di urutan terbawah, dengan raihan dua poin.

Eksperimen sukses dari De Boer ini diakui oleh Wijnaldum. Usai laga ia mengatakan peran baru yang diberikan kepadanya di laga itu membuatnya bisa lebih banyak berada di kotak penalti.

“Jika saya bermain lebih banyak ke dalam, saya tidak akan sering berada di dalam kotak penalti. Akan tetapi, sekarang saya bermain sebagai pemain nomor 10 jadi saya diharapkan melakukannya,” beber Wijnaldum.

“Pada dasarnya saya hanya melakukan pekerjaan saya. Sudah lima pertandingan sejak kami tidak menang. Jadi rasanya senang bisa menang lagi malam ini,” sambungnya.

“Kami juga memiliki peluang untuk menang melawan Spanyol (di laga persahabatan) tetapi kami tidak melakukannya. Jadi itu agak membuat frustrasi,” tegasnya.

Susunan Pemain Belanda versus Bosnia-Herzegovina:

Belanda: Tim Krul; Denzel Dumfries (Hans Hateboer 64′), Stefan de Vrij, Daley Blind, Owen Wijndal (Patrick van Aanholt 79′); Davy Klaassen, Georginio Wijnaldum (Donny van de Beek 65′), Frenkie de Jong; Steven Berghuis (Calvin Stengs 89′), Luuk De Jong, Memphis Depay (Quincy Promes 79′).

Pelatih: Frank de Boer

Bosnia-Herzegovina: Ibrahim Sehic; Branimir Cipetic, Amir Hadziahmetovic, Sinisa Sanicanin, Sead Kolasinac; Gojko Cimirot, Miralem Pjanic (Almedin Ziljkic 89′), Rade Krunic (Amar Rahmanovic 78′); Edin Visca (Benjamin Tatar 78′), Armin Hodzic (Smail Prevljak 61′), Amer Gojak (Vladan Danilovic 62′).

Pelatih: Dušan Bajević

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *