by

Dua Gol Bunuh Diri Warnai Kemenangan Indonesia Atas Timor Leste

Tim nasional Indonesia meraih kemenangan dalam laga uji coba internasional menghadapi timnas Timor Leste pada Kamis, 27 Januari 2022 malam WIB.

Bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, skuat Garuda mencatatkan kemenangan telak dengan skor 4-1.

Empat gol Indonesia dicetak oleh Ricky Kambuaya di menit ke-65, sepakan penalti Pratama Arhan di menit ke-73, dan sepasang gol bunuh diri masing-masing oleh Georgino Jose Alexandro Mendoca da Silva di menit ke-77 dan Filomeno di menit ke-80.

Gol semata wayang Timor Leste dicetak oleh Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas di menit ke-35.

Kedua tim tampil dengan komposisi terbaik. Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong melakukan beberapa perubahan di antaranya memberi kesempatan kepada Syahrul Fadil sebagai penjaga gawang menggantikan posisi Nadeo Argawinata.

Di barisan belakang ada Sani Rizki Fauzi, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, dan Edo Febriansyah. Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Irfan Jaya, Evan Dimas, dan Ramai Rumakiek mendukung Dedik Setiawan di lini serang.

Walau mendominasi pertandingan dan menciptakan beberapa peluang, gawang Indonesia justru lebih dahulu kebobolan. Berawal dari serangan bali cepat memanfaatkan kesalahan dan kelengahan pemain Indonesia, Paulo Freitas sukses mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-35.

Timor Leste bahkan hampir saja memperlebar skor. Pelanggaran Syahrul Fadil pada Paulo Freitas di kotak terlarang berujung hadiah penalti. Sayangnya, Mouzinho yang dipercaya menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Tendangannya berhasil digagalkan Syahrul Fadil.

Indonesia terus berjuang sepanjang babak pertama. Di babak kedua Shin Tae-yong melakukan beberapa perubahan penting. Masuknya Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh berhasil menambah daya gedor tim Merah Putih.

Perjuangan Indonesia akhirnya berbuah manis di menit ke-64. Kerja sama Evan Dimas dan Ronaldo Kwateh berhasil diselesaikan oleh Ricky Kambuaya dengan tendangan keras akurat.

Gol ini membangkitkan semangat para pemain Indonesia. Buktinya, Indonesia berhasil menambah gol. Handball Gumario di kotak terlarang berujung penalti yang dimanfaatkan dengan baik oleh Pratama Arhan.

Dua gol lainnya tercipta berkat kesalahan para pemain Timor Leste. Arhan kembali menjadi mimpi buruk bagi Timor Leste. Lemparan ke dalam jarak jauhnya tak bisa diantisipasi dengan sempurna oleh kiper Timor Leste. Bola justru masuk ke gawang sendiri.

Gol keempat berawal dari umpan lambung Arhan yang tak bisa diantisipasi dengan baik oleh barisan belakang Timor Leste.

Kedua tim masih akan bertemu pada Minggu, 30 Januari nanti. Shin Tae-yong mengomentari performa timnya di babak pertama. Ia memilih membela Dedik yang dipercaya sebagai ujung tombak namun tak mampu memanfaatkan sejumlah peluang emas.

Susunan pemain Timnas Indonesia versus Timnas Timor Leste:

Timnas Indonesia (4-5-1): Syahrul Fadil; Sani Rizki Fauzi, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Edo Febriansyah; Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Irfan Jaya, Evan Dimas, Ramai Rumakiek; Dedik Setiawan.

Cadangan: Achmad Figo, Bayu Fiqri, Marselino Ferdinan, Hanis Saghara Putra, Ronaldo Kwateh, Pratama Arhan, Muhammad Rafli, Terens Owang Puhiri, Yabes Roni, Ernando Ari, Nadeo Argawinata.

Pelatih: Shiin Tae-yong

Timnas Timor Leste (4-3-3): De Castro Pereira; Filomeno, J. Panji, J. Soares, O.N.M. Guterres; Martins Fatima Braz, J. Firth, C. Moniz Fernandez; E. Mesquita, Mouzinho, Paulo Freitas.

Cadangan: Tomas de Jesus, Anizo Correia, Kornelis Nahak Portela, Filonito Rodrigues, Gumairo, Santiago Da Costa, Amindo Correia Almeida, Zenivio Morientes, Georgino Jose, Yohanes Kapitan Paulus, Natalino de Jesus da Costa.

Pelatih: Fabio Magrao

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *