by

Dua Gol Bruno Fernandes ke Gawang Makedonia Utara Bawa Portugal ke Piala Dunia 2022

Tim nasional Portugal akhirnya mengunci satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022. Hal ini ditentukan oleh kemenangan di babak final play-off zona Eropa pada Rabu, 30 Maret 2022 dini hari WIB.

Menghadapi tim kuda hitam Makedonia Utara di Estadio do Dragao, Portugal, tuan rumah menang dua gol tanpa balas.

Sepasang gol Selecao diborong oleh Bruno Fernandes di menit ke-32 dan 65. Kemenangan ini membuat Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berhak ke Qatar usai mendapat tiket dari play-off jalur C.
Sementara itu, Makedonia Utara harus menguburkan harapannya untuk mengukir sejarah tampil di panggung akbar tersebut.

Sebagai tuan rumah, Portugal mampu memanfaatkan faktor non-teknis ini untuk mendukung performa di lapangan pertandingan. Armada Fernando Santos tampil efektif baik saat bertahan maupun menyerang. Mereka sama sekali tidak memberikan kesempatan kepada lawannya untuk mendapatkan peluang dan mengancam mereka.

Gol pertama tidak lepas dari kerja sama satu dua Bruo dan Ronaldo sebelum Bruno melepaskan sepakan ke sudut kiri bawah gawang Makedonia Utara.

Sedangkan gol kedua terjadi berkat umpan terukur Diogo Jota yang mampu diselesaikan dengan baik oleh gelandang Manchester United itu.

Kini Portugal menatap Piala Dunia dengan lebih optimistis. Sang pelatih pun langsung mematok target tinggi.

“Satu-satunya mimpi yang saya miliki adalah memenangkan kompetisi ketiga. Saya sudah memenangkan dua, sekarang saya memimpikan Piala Dunia,” beber Fernando Santos.

Ia memuji kinerja dan sikap para pemain Portugal. Ia juga mengapresiasi lawan yang mampu menyulitkan mereka di awal laga.

“Selamat kepada para pemain atas sikap fantastis yang mereka miliki. Tim Makedonia Utara ini tidak seperti yang orang lain pikirkan, mereka tahu cara bermain. Itu bisa terlihat dalam sepuluh menit pertama, kami kesulitan mengontrol permainan.”

“Tapi dengan semangat fantastis dan kreativitas para pemain, dan dukungan fantastis dari publik, kami berhasil. Kemenangan itu adil dan pantas. Kami berada di Piala Dunia, beruntungnya 11 juta orang Portugis,” pungkasnya.

Susunan pemain Portugal versus Makedonia Utara:

Portugal XI (4-3-3): Diogo Costa; Joao Cancelo, Danilo Pereira, Pepe, Nuno Mendes; Bruno Fernandes, Joao Moutinho, Otavio (76′ William Carvalho); Cristiano Ronaldo, Diogo Jota (76′ Rafael Leao), Bernardo Silva.

Makedonia Utara XI (4-4-2): Stole Dimitrievski; Stefan Ristovski, Visar Musliu, Darko Velkoski, Ezgjan Alioski; Eljif Elmas, Enis Bardhi, Arijan Ademi, Aleksandar Trajkovski (59′ Darko Churlinov); Milan Ristovski (46′ Bojan Miovski), Tihomir Kostadinov (76′ Stefan Askovski).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *