by

Ditekuk Madekonia Utara, Italia Gagal ke Piala Dunia 2022

Italia harus menerima kenyataan pahit gagal tampil di Piala Dunia 2022. Gli Azzurri tak bisa melewati babak play-off kualifikasi zona Eropa.

Menghadapi Makedonia Utara di babak semifinal play-off di Renzo Barbera, Palermo pada Jumat, 25 Maret 2022 dini hari WIB, Italia takluk satu gol tanpa balas.

Gol tunggal kemenangan tim tamu dicetak oleh Aleksandar Trajkovski di menit ke-92. Gol di masa “injury time” itu memupus harapan Italia tampil di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Makedonia Utara melangkah ke babak final untuk menghadapi Portugal yang mengalahkan Turki dengan skor 3-1. Pemenang di partai final ini akan tampil di putaran final pesta akbar sepak bola empat tahunan itu.

Italia pantas kecewa. Memiliki skuat mumpuni, tim besutan Roberto Manciin ini mampu mengendalikan pertandingan. Mereka mencatatkan penguasaan bola yang dominan dan mampu melepaskan sejumlah tembakan ke gawang Makedonia Utara.

Sementara itu, Makedonia Utara bermain bertahan dan sesekali melakukan serangan balik. Makedonia Utara akhirnya bisa mencuri kesempatan untuk mencetak gol.

“Di level profesional, ini adalah kekecewaan terbesar dalam karier saya,” beber Roberto Mancini usai laga.

Pelatih asal Italia itu mengatakan pihaknya sudah melakukan segalanya untuk memenangi pertandingan ini.

“Terkadang hal-hal luar biasa terjadi dalam sepak bola dan kami tidak seharusnya berada di sini malam ini. Kami melakukan segalanya untuk menang, tetapi kemudian beberapa pertandingan berjalan seperti ini, sekarang bahkan sulit untuk dijelaskan.”

Italia adalah juara Piala Eropa 2020. Namun, Italia gagal mempertahankan performa ciamik itu di babak kualifikasi Piala Dunia.

“Kemenangan EURO 2020 memang pantas kami dapatkan karena kami bermain sangat baik, kemudian keberuntungan yang menyertai kami berubah menjadi kemalangan total.”

Mancini pun meminta maaf atas kegagalan itu. Ia menyayangkan timnya yang memiliki sejumlah pemain top harus tersingkir.

“Tim ini memiliki pemain bagus dan saya minta maaf untuk mereka. Sekarang sulit untuk berbicara tentang bulan-bulan berikutnya, kekecewaannya besar, itu akan memakan waktu,” pungkasnya.

Susunan Pemain Italia versus Makedonia Utara:

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Alessandro Florenzi, Alessandro Bastoni, Gianluca Mancini (Giorgio Chiellini 90′), Emerson; Nicolo Barella (Sandro Tonali 77′), Jorginho, Marco Verratti; Domenico Berardi (Joao Pedro 89′), Ciro Immobile (Lorenzo Pellegrini 77′), Lorenzo Insigne (Giacomo Raspadori 64′).

Makedonia Utara (4-4-2): Stole Dimitrievski; Stefan Ristovski, Darko Velkoski, Visar Musliu, Ezgjan Alioski; Darko Churlinov, Arijan Ademi (Stefan Askovski 59′), Enis Bardhi, Boban Nikolov (Stefan Spirovski 59′); Aleksandar Trajkovski, Milan Ristovski (Bojan Miovski 72′).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *