by

Blunder Fatal Courtois Nodai Kemenangan Belgia

Timnas Belgia mantap ke babak semi final UEFA Nations League usai mengalahkan Denmark di matchday terakhir grup. Laga yang digelar di Stadion Den Dreef pada Kamis, 19 November 2020 dini hari WIB berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Denmark.

Empat gol Belgia dicetak oleh Youri Tielemans di awal pertandingan, lalu sepakan bebas Kevin de Bruyne di menit ke-57 yang berhasil diselesaikan oleh Romelu Lukaku. Lukaku mencetak gol kedua di menti ke-69 memanfaatkan umpan silang Thorgan Hazard. Satu gol lainnya dicetak oleh Kevin De Bruyne di menit ke-87, memanfaatkan umpan Thomas Foket.

Sementara itu sepasang gol Denmark lahir dari tandukan Jonas Wind di menit ke-17 dan gol bunuh diri di menit ke-86. Gol ini tidak lepas dari blunder fatal yang dilakukan kiper Belgia, Thibaut Courtois. Pemain yang pernah bermain untuk Chelesa itu tak mampu menahan bola operan dari rekan setim dengan baik. Si kulit bundar pun masuk ke gawang sendiri.

Kemenangan ini membuat Belgia berhak atas tiga poin. Koleksi poin Belgia kini menjadi 15 poin dari enam laga yang telah dijalani. Belgia unggul lima angka atas Denmark di urutan kedua.

Pelatih Belgia, Roberto Martinez tak mau mempermasalahkan kesalahan yang dilakukan pemainnya. Ia hanya memberikan catatan soal ketenangan para pemainnya terutama di babak pertama.

“Di babak pertama, begitu kami bikin gol, kami merasa akan kehilangan sesuatu. Pada titik itu kami berpikir soal lolos ke semifinal, dan kami mulai sedikit hati-hati. Kami tidak menunjukkan ketenangan seperti biasanya,” beber Martinez.

Lebih lanjut ia mengatakan timnya mendapat tekanan besar di babak kedua. Menurutnya hal ini tidak lepas dari pola permainan mereka.

“Saya merasakan reaksi besar di babak kedua. Kami kebobolan, tapi itu adalah kesalahan yang terjadi ketika Anda bermain dari belakang.”

Pelatih Spanyol berusia 47 tahun itu senang dengan performa timnya terutama di babak kedua. Para pemain terlihat lebih menikmati pertandingan.

“Tapi tim siap untuk mengambil risiko dan menikmati pertandingan, sesuatu yang tidak kami lakukan di babak pertama,” tegasnya.

Susunan Pemain Belgia versus Denmark:

Belgia: Thibaut Courtois, Jan Vertonghen (Boyata (90’+2′), Denayer, Toby Alderweireld, Chadli, Dendoncker, Tielemans, Thorgan Hazard (Foket 77′), Kevin De Bruyne, Dries Mertens, Romelu Lukaku

Pelatih: Roberto Matinez

Denmark: Schmeichel, Maehle, Christensen, Kjaer, Wass, Delaney (Jensen 70′), Hojbjerg, Braithwaite, Eriksen, Poulsen (Andersen 76′), Wind (Sisto 88′)

Pelatih: Kasper Hjulmand

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *