by

Bekuk Arsenal 3-0, Spurs Jaga Asa Finis di Empat Besar

Persaingan memperebutkan jatah ke Liga Champions Eropa mewakili Liga Primer Inggris semakin ketat. Bila Liverpool dan Manchester City sudah mengunci dua tiket, maka dua tiket lain masih menjadi incaran sejumlah klub.

Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur akan bertarung di dua laga sisa guna mendapat dua tempat terakhir.

Saat ini Chelsea berada di posisi ketiga. Sementara Arsenal dan Spurs terus bersaing di dua posisi berikutnya dengan selisih satu angka.

Peluang Spurs untuk menggeser Arsenal dari empat besar kian terbuka setelah memetik kemenangan dalam derbi London di pekan ke-36 di Tottenham Hotspur Stadium pada Jumat, 13 Mei 2022 dini hari WIB.

Bermain di kandang sendiri, Spurs menang tiga gol tanpa balas. Tiga gol tuan rumah disumbangkan oleh Harry Kane dan Son Heung-min. Harry Kane mencetak brace, salah satunya dari titik penalti.

Kemenangan ini membuat Spurs mengemas 65 poin dari 36 laga, berjarak satu angka dari The Gunners.

Gol pertama tuan rumah berawal dari pelanggaran Cedric Soares pada Son Heung-min di kotak terlarang. Kane yang menjadi eksekutor tak membuang kesempatan untuk membuka keunggulan timnya.

Arsenal harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-33 setelah Rob Holding mendapat kartu kuning kedua lantaran melakukan pelanggaran pada Son.

Keunggulan jumlah pemain ini sungguh dimanfaatkan The Lyliwhites. Empat menit kemudian mereka menggandakan keunggulan setelah tandukan dari jarak dekat sang kapten tak bisa digagalkan kiper Arsenal.

Keluar dari kamar ganti, Spurs semakin di atas angin. Tuan rumah berhasil mencetak gol ketiga melalui aksi Son Heung-min. Gol ini sekaligus mengunci kemenangan Spurs.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta kecewa dengan hasil tersebut. Ia pun menyoroti kinerja wasit di laga tersebut.

“Jika saya mengatakan apa yang saya pikir saya diskors [selama] enam bulan. Saya tidak tahu bagaimana berbohong dan saya tidak suka berbohong jadi saya memilih untuk tidak mengatakan apa yang saya pikirkan, saya tidak bisa mengatakannya,” beber Arteta.

Pelatih asal Spanyol itu tak bisa berbuat banyak usai Holdong harus mendapat kartu merah. Menurutnya, keputusan tersebut tak berdasar dan berdampak merusak permainan timnya.

Mantan asisten pelatih Pep Guardiola itu menegaskan dengan sisa dua pertandingan mereka harus memastikan sapu bersih. Sebab, hanya dengan itu mereka bisa mendapat tiket terakhir ke Liga Champions Eropa musim depan.

Bila tidak, posisi keempat bisa direbut sesama tim asal London Utara itu.

“Kami memiliki dua pertandingan untuk dimainkan, masing-masing dari kami, itu ada di tangan kami dan sekarang kami harus melakukan pekerjaan kami,” tegasnya.

Berikut Susunan Pemain Tottenham Hotspur vs Arsenal:

Tottenham Hotspur (3-4-2-1): Hugo Lloris; Davinson Sanchez, Eric Dier, Ben Davies (Joe Rodon 82’); Emerson Royal, Rodrigo Bentancur, Hojbjerg, Ryan Sessegnon; Dejan Kulusevski (Moura 72’), Heung-Min Son (Bergwijn 72’); Harry Kane.

Pelatih: Antonio Conte.

Arsenal (4-2-3-1): Aaron Ramsdale; Cedric Soares, Rob Holding, Gabriel Magalhaes (Tavares 76’), Takehiro Tomiyasu; Mohamed Elneny, Granit Xhaka; Bukayo Saka, Martin Odegaard, Gabriel Martinelli (Emile Smith Rowe 64’); Eddie Nketiah (Lacazette 73’).

Pelatih: Mikel Arteta.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *