by

Barcelona Bekuk Valencia 3-1

Barcelona berhasil memetik kemenangan di pekan kesembilan LaLiga Spanyol pada Senin, 18 Oktober 2021 dini hari WIB. Bermain sebagai tuan rumah, Blaugrana sukses membungkam tamunya Valencia, 3-1.

Kemenangan di Nou Camp ini sangat penting. Krisis yang sedang mendera tim tersebut melahirkan banyak kritik dan pesimisme.

Barcelona lebih dulu tertinggal setelah Jose Gaya mencetak gol di menit kelima. Namun, armada Ronald Koeman tak patah arang. Mereka berhasil mengejar ketertinggalan dan mencetak “comeback” manis melalui torehan gol Ansu Fati di menit ke-13 dan Memphis Depay di menit ke-41.

Kemenangan ini tentu memberi Barca poin sempurna. Barca berhasil memperbaiki posisi di tabel klasemen sementara. Barca kini mengemas total 15 poin dari delapan pertandingan. Sementara itu, Valencia turun ke posisi kesembilan.

Koeman mengaku senang dengan hasil tersebut. Ia melihat timnya bermain dengan baik. Ditambah lagi para pemain yang sempat dibekap cedera sudah bisa merumput. Beberapa di antaranya adalah Ansu Fati dan Sergio Aguero.

“Ketika [pemain] yang cedera sembuh, saya lebih puas dengan skuad. Memang selalu ada cedera, tapi kami tidak beruntung. Hampir semua pemain depan cedera. Kami bisa bersaing untuk memenangi kompetisi. Untuk mengeluarkan penampilan terbaik Anda kan harus memiliki seluruh pemain yang tersedia. Sedikit demi sedikit kami akan lebih baik.”

Menyusul hasil kurang meyakinkan tim tersebut sejak awal musim, posisi Koeman pun sempat terancam. Rumor berhembus. Pria asal Belanda itu bakal kehilangan kursi pelatih utama.

Namun, mantan pelatih timnas Belanda itu tetap tenang. Ia mengatakan hal seperti ini sudah biasa terjadi di dunia sepak bola. Baginya, menghadapi berbagai spekulasi sudah menjadi konsumsinya sehari-hari.

“Saya terbiasa dengan orang-orang membicarakan tentang masa depan saya, ini wajar kok di sebuah klub besar karena selalu ada banyak hal [yang terjadi] dengan pelatih. Ini toh bukan yang pertama. Presiden mendukung saya dan telah membuat banyak hal menjadi jelas. Tapi seorang pelatih mesti memenangi pertandingan,” pungkasnya.

Susunan pemain Barcelona versus Valencia:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto (71′ Oscar Mingueza), Gerard Pique, Eric Garcia, Jordi Alba; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Gavi (71′ Nico Gonzalez), Sergino Dest (87′ Sergio Aguero), Memphis Depay, Ansu Fati (59′ Philippe Coutinho).

Valencia (4-4-2): Jasper Cillessen; Dimitri Foulquier (75′ Yunus Musah), Gabriel Paulista, Mouctar Diakhaby, Jose Gaya; Carlos Soler, Daniel Wass, Hugo Guillamon (86′ Manuel Vallejo), Hugo Duro (60′ Marcos de Sousa), Goncalo Guedes (75′ Denis Cheryshev), Maxi Gomez (86′ Helder Costa).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *