by

Real Madrid Tumbang di Kandang Leipzig

-Uncategorized

Real Madrid harus kehilangan poin di matchday kelima Grup F Liga Champions Eropa 2022/2023. Status tak pernah kalah sejak laga pertama tercoreng di kandang RB Leipzig pada Rabu, 26 Oktober 2022 dini hari WIB.

Di luar dugaan, Madrid takluk dari tuan rumah dengan skor ketat 2-3. Sepasang gol tim tamu dicetak oleh Vinicius Junior di menit ke-44 dan sepakan penalti Rodrygo di menit ke-90+3.

Sementara itu, tiga gol tuan rumah dicetak oleh Josko Gvardiol di menit ke-12 dengan memanfaatkan sepak pojok, Christopher Nkunku di menit ke-18, dan Timo Werner di menti ke-83.

Meski gagal mendapat poin, langkah Madrid ke babak 16 besar tak terpengaruh. Madrid sudah memastikan satu tempat di fase knock-out sejak sebelum pertandingan kelima ini.

Madrid masih berada di puncak klasemen dengan 10 poin, disusul Leipzig dengan sembilan poin. Sementara itu, posisi ketiga ditempati Shakhtar DOnetsk dengan enam poin. Pertandingan terakhir akan menentukan status juara grup di satu sisi dan siapa yang berhak mendapat tiket ke Liga Europa.

Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti menanggapi santai hasil minor ini. Ia menilai kekalahan merupakan bagian dari kenyataan yang harus diterima.

“Saya tidak marah. Ini adalah sebuah kekalahan, memang menjengkelkan, tapi tidak merugikan-merugikan amat. Cepat atau lambat, itu akan terjadi. Terus maju, anda toh tidak bisa melihat ke belakang.”

Pelatih asal Italia itu mengakui dari kekalahan sebuah tim bisa belajar banyak hal.

“Saya tidak bisa mengkritik sebuah tim yang sudah tampil dengan sangat baik. Dari kekalahan, anda belajar lebih banyak daripada saat meraih 10 kemenangan beruntun. Kami biasanya sangat baik di situasi-situasi set-piece tapi kami tidak seperti itu pada malam ini.”

Pelatih yang karib disapa Don Carlo itu masih optimis mereka akan menyegel status juara grup dengan memenangi laga pamungkas.

“Saya belum melihat kurangnya sikap atau intensitas. Kekalahan itu akan datang cepat atau lambat. Ini menyakitkan, semua kekalahan itu menyakitkan, tapi beberapa diantaranya tak lebih buruk [dari yang lain]. Kami masih punya kesempatan untuk jadi juara grup.”

Di pertandingan terakhir, Madrid akan menghadapi Celtic.

‚ÄúTerkadang, tidak diragukan lagi, Anda belajar lebih banyak dari kekalahan daripada dari sepuluh kemenangan berturut-turut. Itu bisa terjadi, kami bermain dengan cara yang tidak kami inginkan; lebih baik memainkan blok yang lebih rendah dan pertandingan berjalan sebaliknya,” pungkasnya.

Susunan pemain RB Leipzig versus Real Madrid:

RB Leipzig (4-2-3-1): Janis Blaswich; Mohamed Simakan, Josko Gvardiol, Willi Orban, David Raum; Amadou Haidara, Xaver Schlager; Dominik Szoboszlai, Christopher Nkunku, Emil Forsberg; Andre Silva.

Pelatih: Marco Rose

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Lucas Vazquez, Eder Militao, Antonio Rudiger, Nacho; Eduardo Camavinga, Aurelien Tchouameni, Toni Kroos; Marco Asensio, Rodrygo Goes, Vinicius Junior.

Pelatih: Carlo Ancelotti

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.