by

Pelatih Skotlandia Nilai Kroasia Lebih Sulit dari Inggris

Persaingan di Grup D EURO 2020 begitu sengit. Hampir semua kontestan berpeluang lolos ke babak 16 besar. Pertandingan ketiga akan menentukan nasib para kontestan di grup tersebut. Tidak terkecuali duel antara Kroasia kontra Skotlandia di Hampden Park, Glasgow pada Rabu, 23 Juni 2021.

Kedua tim sama-sama mengincar kemenangan di laga ini agar menjaga asa ke fase knock out. Saat ini kedua tim mengemas poin yang sama hasil serupa dari dua laga sebelumnya. Kalah di laga pertama, lantas hanya bisa meraih satu poin di pertandingan kedua.

Dengan satu poin, Kroasia dan Skotlandia mau tidak mau harus memetik poin sempurna di pertandingan ini agar memiliki harapan ke babak berikutnya. Sementara itu posisi Republik Ceko dan Inggris pun belum aman.

Republik Ceko mengemas empat poin. Sementara itu Inggris di urutan kedua dengan jumlah poin yang sama. Pertandingan antara kedua tim di matchday ketiga akan menentukan nasib mereka dan tim-tim lain di grup tersebut.

Kubu Kroasia menyadari mereka harus melakukan perubahan bila ingin meraih poin sempurna di laga ini. Dua pertandingan sebelumnya memberikan gambaran terkait skuad tersebut. Hal ini disadari pleh striker Kroasia, Bruno Petkovic.

“Secara keseluruhan, saya pikir kami masih bermain di bawah ekspektasi. Kami tahu bahwa kami punya kemampuan yang baik. Itulah yang harus kami tunjukkan di laga terakhir nanti,” beber Petkovic.
Sementara itu skuad Skotlandia mengakui tidak mudah mengalahkan Kroasia. Mereka menilai kekuatan Kroasia di atas Inggris yang sudah mereka hadapi.

“Kroasia memiliki kualitas pemain yang bagus, yang berbeda dengan Inggris. Mereka adalah tim yang bagus, mampu menggerakkan bola dengan baik serta memiliki dua pemain top di lini tengah,” kata Steve Clarke, pelatih Skotlandia.

Sementara itu kiper Skotlandia, David Marshall menegaskan betapa berat laga ini mereka bertekad untuk bisa memenangkannya. Kemenangan di laga ini akan menjadi sejarah tersendiri bagi sejarah sepakbola di negara tersebut.

“Kami tahu bahwa jika kami bisa memenangi laga nanti, kami berpeluang membuat sejarah. Para pemain sangat ingin melakukan hal itu. Apalagi, kepercayaan diri kami juga sedang tinggi setelah performa bagus melawan Inggris,” pungkasnya.

5 Pertemuan Kedua Tim Sebelumnya:
16-10-2013 Skotlandia 2-0 Kroasia (Kualifikasi Piala Dunia)
08-06-2013 Kroasia 0-1 Skotlandia (Kualifikasi Piala Dunia)
27-03-2008 Skotlandia 1-1 Kroasia (Friendly)
01-09-2001 Skotlandia 0-0 Kroasia (Kualifikasi Euro)
12-10-2000 Kroasia 1-1 Skotlandia (Kualifikasi Euro).

5 Pertandingan Terakhir Kroasia:
31-03-21 Kroasia 3-0 Malta (Kualifikasi Piala Dunia)
01-06-21 Kroasia 1-1 Armenia (Friendly)
07-06-21 Belgia 1-0 Kroasia (Friendly)
13-06-21 Inggris 1-0 Kroasia (Euro)
18-06-21 Kroasia 1-1 Ceko (Euro).

5 Pertandingan Terakhir Skotlandia:
01-04-21 Skotlandia 4-0 Kep Faroe (Kualifikasi Piala Dunia)
03-06-21 Belanda 2-2 Skotlandia (Friendly)
06-06-21 Luksemburg 0-1 Skotlandia (Friendly)
14-06-21 Skotlandia 0-2 Ceko (Euro)
19-06-21 Inggris 0-0 Skotlandia (Euro).

Perkiraan Susunan Pemain Kroasia versus Skotlandia:
Kroasia: Dominik Livakovic; Sime Vrsaljko, Domagoj Vida, Dejan Lovren, Josko Gvardiol; Mateo Kovacic, Luka Modric; Ivan Perisic, Ante Rebic, Andrej Kramaric; Bruno Petkovic.
Pelatih: Zlatko Dalic

Skotlandia: David Marshall; Scott McTominay, Grant Hanley, Kieran Tierney; Stephan O’Donnell, Andrew Robertson, Callum McGregor, Billy Gilmour; John McGinn; Che Adams, Lyndon Dykes.
Pelatih: Steve Clarke

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *