by

Hajar Newcastle 5-0, Manchester City Puncaki Liga Inggris dengan Keunggulan 3 Poin

Manchester City menunjukkan diri sebagai favorit juara Liga Primer Inggris musim ini. The Citizen baru saja merebut kembali puncak klasemen dari Liverpool setelah menggasak Newcastle United dengan skor telak, 5-0.

Pertandingan yang digelar di kandang sendiri di Etihad Stadium pada Minggu, 8 Mei 2022 tengah malam WIB menunjukkan dominasi tuan rumah yang tak memberi kesempatan kepada tim tamu untuk berkembang.

Lima gol Manchester Biru dicetak oleh Raheem Sterling di menit ke-19 memanfaatkan umpan Joao Cancelo. Aymeric Laporte menggandakan keunggulan di menit ke-38 usai menuntaskan bola muntah tendangan Ruben Dias.

Tiga gol di babak kedua disumbangkan oleh Rodri di menit ke-61 usai menyambut sepak pojok Kevin De Bruyne, Phil Foden di menit ke-90 menuntaskan umpan Oleksandr Zinchenko, dan Sterling mencetak gol keduanya di penghujung laga, memanfaatkan asis Jack Grealish.

City kini memuncaki klasemen dengan 86 poin dari 35 laga, unggul tiga poin dari Liverpool yang beberapa jam sebelumnya hanya meraih hasil imbang 1-1 kontra Tottenham Hotspur.

Pelatih City, Pep Guardiola melayangkan sindiran kepada pesaing terdekatnya. Ia menyebut semua warga Inggris lebih mendukung Liverpool menjadi juara Liga Inggris.

“Semua orang di negara ini mendukung Liverpool, media dan semuanya,” beber Guardiola.

“Tentu saja karena Liverpool punya sejarah luar biasa di kompetisi Eropa. Tidak di Premier League, karena mereka juara satu kali dalam 30 tahun, tapi itu bukan masalah sama sekali.”

Pelatih asal Spanyol itu menegaskan kuatnya dukungan pada Liverpool dan Manchester United tidak lepas dari prestasi dan masa lalu mereka.

“Liverpool bersama (Manchester) United sebagai tim paling penting dalam hal gelar juara, warisan, sejarah, drama untuk banyak, banyak hal,” ucap Guardiola.

Namun, Guardiola menegaskan pihaknya akan tetap berjuang memenangkan gelar yang sudah ada di depan mata.

“Tapi kami sudah di sana sejak 11 atau 12 tahun terakhir. Saya tahu kadang kami tidak nyaman, tapi saya tidak peduli kalau orang-orang lebih ingin Liverpool yang juara. Ini bukan masalah,” pungkasnya.

Susunan Pemain Manchester City versus Newcastle United:

Manchester City (4-3-3): Ederson; Joao Cancelo, Ruben Dias (Fernandinho 46′), Aymeric Laporte (CJ Egan-Riley 87′), Oleksandr Zinchenko; Kevin De Bruyne, Ilkay Gundogan, Rodri; Raheem Sterling, Gabriel Jesus (Phil Foden 63′), Jack Grealish.

Newcastle United (4-3-3): Martin Dubravka; Emil Krafth (Kieran Trippier 68′), Jamaal Lascelles, Dan Burn, Matt Targett; Bruno Guimaraes, Sean Longstaff, Joelinton; Miguel Almiron (Jacob Murphy 80′), Allan Saint-Maximin, Chris Wood (Callum Wilson 68′).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *