by

Bungkam Polandia, Swedia ke 16 Besar EURO 2020

Tim nasional Swedia berhasil melangkah ke babak 16 besar EURO 2020. Hal ini menyusul kemenangan di matchday ketiga penyisihan Grup E saat menghadapi Polandia di Saint Petersburg, Stadium, Rabu, 23 Juni 2021 malam WIB.

Di laga tersebut Swedia menang dengan skor 3-2. Tiga gol Swedia dicetak oleh Emil Forsberg dan Viktor Claesson. Pemain yang disebutkan pertama mencetak brace alias dua gol. Sementara itu sepasang gol Poandia diborong striker Bayern Muenchen, Robert Lewandowski.

Kemenangan ini memberi Swedia tiga poin terakhir untuk mengantar mereka ke babak selanjutnya. Tambahan tiga angka membuat koleksi poin Swedia menjadi tujuh dan berhak menjadi pemuncak grup.
Nasib berbeda dialami Polandia. Buntut kekalahan ini membubat Polandia tak beranjak dari dasar klasemen. Tim tersebut hanya bisa mendapat satu poin sepanjang babak penyisihan grup.

Sebelum pertandingan ini, pelatih Polandia, Paulo Sousa menyadari laga tidak akan berjalan mudah. Namun demikian pertandingan ini sangat penting bagi mereka. Ia mengibaratkan duel tersebut sebagai partai final yang menentukan nasib mereka di kompetisi tersebut.

“Bagi kami ini seperti final. Kami telah bekerja keras sejak hari pertama pemusatan latihan kami. Kami juga mendapatkan banyak energi dari para penggemar,” beber Sousa.

Lebih lanjut Sousa mengatakan kiprah mereka sepanjang turnamen ini tidak lepas dari dukungan para penggemar. Walau tampil di kandang lawan, mereka tetap mendapat dukungan penuh dari para penggemarnya. Ia merasa situasi tersebut membuat mereka seperti tidak sedang bermain di luar kandang.

“Penggemar sangat memengaruhi pemain di lapangan. Penggemar kami luar biasa, dan kami tidak pernah merasa seperti bermain tandang,” tegasnya.

Pelatih asal Portugal itu mengakui kontribusi besar dari para penggemar. Ia menyadari para penggemar begitu mendukung dan mempercayai mereka.

“Mereka percaya, mereka percaya dan ingin mendorong kami (Timnas Polandia). Luar biasa. Saya merasa terhormat mewakili tim nasional Polandia,” pungkas pelatih 51 tahun itu.

Bila Polandia akhirnya harus angkat koper, Swedia akan mempersiapkan pertandingan sulit di babak 16 besar. Robin Olsen dan kawan-kawan akan menghadapi Ukraina pada Rabu, 30 Juni 2021 nanti.

Susunan Pemain Swedia versus Polandia:
Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Mikael Lustig, Victor Lindelof, Marcus Danielson, Ludwig Augustinsson; Sebastian Larsson, Kristoffer Olsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg; Robin Quaison, Alexander Isak.
Pelatih: Jan Andersson

Polandia (3-4-2-1): Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jan Bednarek; Kamil Jozwiak, Grzegorz Krychowiak, Mateusz Klich, Tymoteusz Puchacz; Karol Swiderski, Piotr Zielinski; Robert Lewandowski.
Pelatih: Paulo Sousa

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *