by

Arsenal Tersingkir dari Liga Europa

Arsenal harus menerima kenyataan pahit di pentas Liga Europa musim ini. The Gunners gagal lolos ke final setelah gagal bersaing dengan Villarreal. Skuad Meriam London tersingkir di semi final dengan kekalahan agregat 1-2.

Pada pertandingan leg kedua yang digelar di kandang sendiri di Stadion Emirates, Jumat, 7 Mei 2021, armada Mikel Arteta gagal memetik kemenangan. Tim Kapal Selam Kuning mampu mengimbangi tuan rumah dengan skor kaca mata.

Sementara itu di leg pertama, di kandang sendiri Villarreal berhasil memetik kemenangan dengan skor tipis 2-1. Kemenangan itu lebih dari cukup menghantar mereka ke partai pamungkas. Selanjutnya Villarreal akan berduel dengan Manchester United yang pada waktu bersamaan berhasil mengandaskan harapan AS Roma.

Kekalahan ini jelas meninggalkan kekecewaan bagi publik Arsenal. Sebagaimana dikatakan sang pelatih, Mikel Arteta, mereka sangat kecewa dengan kegagalan tersebut. Namun demikian pelatih asal Spanyol itu tetap berbesar hati memberikan selamat kepada Villarreal.

“Kami hancur, sangat kecewa. Kami harus menyelamati Villarreal. Kami mencoba segalanya sampai menit terakhir. Saya rasa kami layak untuk menang, tapi detail-detail menentukan pertemuan ini,” beber Arteta.

Mantan asisten palatih Pep Guardiola itu mengatakan timnya seharusnya bisa memetik kemenangan. Ia melihat timnya memiliki tiga peluang bersih. Sementara itu tim tamu berada dalam situasi yang bertolak belakang. Selain faktor ketidakberuntungan, Arteta menyebut kondisi beberapa pemain yang sedang tidak fit menjadi alasan.

“Kami punya tiga peluang besar. Mereka tak punya apapun, tapi lolos. Jadi banyak hal terjadi pada kami dan begitu banyak pemain mencoba bertanding tidak dalam kondisi terbaik,” sambungnya.

Ia juga menyayangkan penampilan mereka di leg pertama. Seandainya mereka bisa tampil maksimal, maka situasi akan berbeda. Ia harus mengakui pertandingan ini menjadi pelajaran penting bagi sebagian besar pemainnya yang belum pernah tampil hingga semi final turnamen tingkat Eropa.

“Kami tersingkir karena banyak hal. Start kami di Villarreal tidak cukup bagus. Kami tidak datang ke laga kali ini dalam momen bagus, dengan para pemain dalam kondisi bagus. Untuk 90% pemain, ini merupakan semifinal pertama dan kami harus belajar,” pungkasnya.

Susunan Pemain Arsenal versus Villarreal:

Arsenal (3-4-3): Bernd Leno; Kieran Tierney (Willian 80′), Rob Holding, Pablo Mari, Granit Xhaka; Hector Bellerin (Eddie Nketiah 90′), Emile Smith Rowe, Thomas Partey, Bukayo Saka; Nicolas Pepe, Martin Odegaard (Gabriel Martinelli 66′), Pierre-Emerick Aubameyang (Alexandre Lacazette 80′).

Pelatih: Mikel Arteta

Villarreal (4-3-3): Geronimo Rulli; Mario Gaspar, Raul Albiol, Pau Torres, Alfonso Pedraza (Alberto Moreno 90′); Daniel Parejo, Francis Coquelin, Manu Trigueros; Gerard Moreno, Samuel Chukwueze (Yeremi Pino 30′ (Moi Gomez 90′)), Paco Alcacer (Carlos Bacca 72′).

Pelatih: Unai Emery

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *