by

Arsenal Imbang di Markas Burnley, Arteta Meradang

Arsenal gagal memetik poin sempurna di pekan ke-27 Liga Primer Inggris. Bertandang ke Turf Moor Stadium pada Sabtu, 6 Maret 2021 malam WIB, The Gunners diimbangi tuan rumah Burnley. Kedua tim menyudahi laga dengan skor identik, 1-1.

Satu-satunya gol Arsenal dicetak oleh Pierre-Emerick Aubameyang di menit keenam. Sementara itu gol tunggal tuan rumah dilesatkan oleh Chris Wood. Gol ini tidak lepas dari kesalahan fatal Granit Xhaka.

Hasil imbang ini membuat Arsenal harus puas dengan satu poin. Arsenal kini mengemas total 38 poin dari 27 pertandingan. Skuad besutan pelatih Mikel Arteta masih berada di posisi ke-10. Sementara itu Burnley berada di posisi ke-15 dengan raihan total 30 poin dari 28 pertandingan.

Pelatih Mikel Arteta jelas kecewa dengan hasil tersebut. Selain gagal membawa pulang poin penuh, ia pun menysali keputusan wasit yang tak memberikan mereka penalti pada momen di mana pemain tuan rumah disinyalir melakukan handball.

“Jika yang pertama bukan penalti, jujur saja seseorang harus datang ke tempat latihan dan menjelaskan apa itu handball. Itu tidak bisa lebih jelas lagi,” beber Arteta.

Kekesalahan dan pertanyaan Arteta itu kemudian mendapat tanggapan dari pihak Liga Primer Inggris. Pihak operator itu mengatakan handball pertama yang dilakukan Pieter situ tak diangap sebagai kesalahan karena sebelum bola mengenai tangan, bola terlalu dekat dengan sang pemain.

“Bola mengenai dia dari jarak dekat dan dia tidak punya waktu untuk bereaksi. Penalti tidak diberikan pengadil di lapangan dan VAR tidak menganggapnya sebagai pelanggaran yang jelas,” ungkap pihak Liga Primer Inggris.

Arteta sendiri menilai bahwa timnya masih harus berjuang keras lepas dari situasi krisis. Apa yang ditampilkan Arsenal saat ini belum sesuai harapan.

“Ketika anda melihat papan klasemen sementara, itu tidak bisa diterima. Kami adalah Arsenal Football Club dan kami seharusnya tidak berada di tempat sekarang. Jika ada yang senang dengan itu, berarti dia berada di tempat yang salah,” beber Arteta.

“Setahun yang lalu jika anda memberi tahu saya semua yang terjadi, saya akan berkata ‘apa yang kamu bicarakan?’. Namun kenyataannya, banyak hal yang terjadi hari demi hari,” tandas mantan asisten Pep Guardiola itu.

Susunan Pemain Burnley versus Arsenal:

Burnley (4-4-2): Nick Pope; Matt Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Charlie Taylor [63′ Pieters]; Johann Gudmundsson [68′ Brady], Ashley Westwood, Josh Brownhill, Dwight McNeil; Matej Vydra [83′ Rodriguez], Chris Wood.

Pelatih: Sean Dyche

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Calum Chambers, David Luiz, Pablo Mari, Kieran Tierney; Thomas Partey [84′ Ceballos], Granit Xhaka; Bukayo Saka, Martin Odegaard [62′ Lacazette], Willian [69′ Pepe]; Pierre Emerick-Aubamenyang.

Pelatih: Mikel Arteta

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *